Skip to content
Home » Kota Mekah Saat Ibadah Haji

Kota Mekah Saat Ibadah Haji

Kota Mekah di Arab Saudi merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam. Setiap tahun, jutaan umat muslim dari seluruh dunia datang ke sana untuk menunaikan ibadah haji. Selain ramai oleh para jamaah haji, Kota Mekah juga memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh para turis.

Keindahan Mekah Selama Ibadah Haji

Saat ibadah haji, Kota Mekah menjadi sangat khusyuk dengan banyaknya umat muslim yang datang untuk menunaikan rukun Islam kelima ini. Di sana, kita dapat melihat banyaknya orang yang beribadah di Masjidil Haram atau berselawat ke Bukit Safa dan Marwah. Selain itu, kita juga dapat melihat indahnya Ka’bah saat dikelilingi oleh para jamaah haji yang saling berpelukan. Suasananya sungguh mengharukan dan membuat hati tenang.

Wisata Religi di Kota Mekah

Mekah juga memiliki banyak tempat wisata yang berhubungan dengan sejarah keislaman. Salah satu yang terkenal adalah Masjidil Haram yang terletak di tengah kota Mekah. Di sana, terdapat Ka’bah, pusat ibadah umat Islam. Selain itu, kita juga dapat mengunjungi Jabal Rahmah, tempat di mana Nabi Adam turun ke bumi.

Selain itu, tempat lain yang menarik adalah Masjid Jin. Menurut cerita, masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad saw untuk menyampaikan dakwah kepada jin. Para pengunjung juga dapat mengunjungi Maqam Ibrahim, tempat Nabi Ibrahim berdiri saat membangun Ka’bah.

Kuliner Khas Mecca

Di Mekah, kita juga dapat menemukan banyak kuliner khas Arab yang patut dicoba. Salah satunya adalah Shawarma, makanan berupa daging yang dipanggang di atas batu bara yang kemudian dimasukkan ke dalam roti. Selain itu, kita juga dapat mencoba Kabsa, makanan berupa nasi yang dilengkapi dengan daging kambing atau ayam serta bumbu rempah khas Arab.

BACA JUGA:   Haji Yang Mabrur Balasannya Adalah...

Akomodasi Selama Berkunjung ke Mekah

Untuk para jamaah haji, biasanya akomodasi disediakan oleh pihak travel haji terkait. Namun, bagi turis yang ingin berkunjung ke Mekah, terdapat banyak pilihan hotel dengan berbagai fasilitas. Hotel-hotel tersebut berada di dekat Masjidil Haram atau Jalur Pejalan Kaki.

Kesimpulan

Mekah merupakan salah satu kota paling suci bagi umat Islam. Selain menjadi tempat ibadah haji, Mekah juga memiliki banyak tempat wisata religi yang menarik dan kuliner khas Arab yang patut dicoba. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Mekah, pastikan untuk mempersiapkan segala kebutuhan dengan baik dan menikmati keindahan kota ini dengan sepenuh hati. Ramadan Kareem!