Skip to content
Home » Kumpulan Doa-doa Saat Beribadah Umroh Lengkap

Kumpulan Doa-doa Saat Beribadah Umroh Lengkap

Halo semua, bagaimana kabarnya? Kali ini saya ingin berbicara tentang doa-doa yang biasa dibaca saat beribadah umroh.

Umroh merupakan salah satu bentuk ibadah dalam agama Islam yang dilakukan dengan mendatangi tanah suci Mekkah. Ibadah ini dilakukan dengan cara melakukan tawaf di sekitar Ka’bah sebanyak 7 kali dan melakukan sa’i antara bukit Safa dan Marwa.

Nah, berikut ini ada beberapa kumpulan doa-doa yang biasa dibaca saat melakukan ibadah umroh:

Doa Tawaf

Tawaf merupakan salah satu ritual yang paling penting dalam umroh. Berikut ini adalah doa yang dibaca saat melakukan tawaf:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَللَّهُ أَكْبَرُ
اَللَّهُ أَكْبَرُ
اَللَّهُ أَكْبَرُ
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar La Ilaha Illallah Wa Hdahu Laa Syariikalah Lahu Al Mulk Wa Lahu Al Hamd Yuhhyi Wa Yumiitu Wa Huwa `Ala Kulli Shay'in Qadiir

Doa Sa’i

Setelah tawaf selesai, selanjutnya adalah melakukan sa’i atau berlari-lari kecil antara Bukit Safa dan Marwa. Berikut adalah doa yang dibaca saat melakukan sa’i:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيْمٌ

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah termasuk dari syi'ar-syi'ar Allah, maka barangsiapa yang berhaji ke Baitullah atau berumroh tidak ada dosa baginya berlari-lari kecil di antara keduanya.
Dan barangsiapa yang mengerjakan kebajikan secara sukarela maka sesungguhnya Allah Maha mensyukuri lagi Maha Mengetahui.

Doa Tahalul

Tahalul merupakan saat dimana pelaksanaan umroh sudah selesai. Berikut ini adalah doa yang biasa dibaca saat tahalul:

لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يَحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya:

Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala puji. Dia-lah yang menghidupkan danmematikan. Dia-lah yang hidup selama-lamanya dan tidak akan pernah mati. Segala kebaikan itu dalam kekuasaan-Nya. Dan Dia-lah yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa doa yang biasa dibaca saat beribadah umroh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua yang ingin menjalankan ibadah umroh. Jangan lupa untuk memperbanyak ibadah dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:   Nama Travel Penyelenggara Umroh Terdaftar di Depag: Menemukan Travel Terbaik untuk Umroh Anda

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga bermanfaat!