Skip to content
Home » Kumpulan Doa Haji & Umrah untuk Memperdalam Ibadah

Kumpulan Doa Haji & Umrah untuk Memperdalam Ibadah

Ibadah haji dan umrah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim. Kegiatan ini dilakukan dengan berkunjung ke Baitullah yang ada di kota Mekkah dan melakukan berbagai macam ritual yang sudah ditentukan.

Untuk memperdalam ibadah haji dan umrah, kita perlu memahami dan menghafal kumpulan doa haji dan umrah. Doa ini berisi permohonan ampun, keselamatan, dan keberkahan kepada Allah SWT. Berikut ini adalah kumpulan doa haji dan umrah yang bisa menjadi panduan bagi kita dalam menjalankan ibadah.

Doa Safar

Doa safar merupakan doa yang dibaca sebelum melakukan perjalanan, termasuk perjalanan menuju Baitullah untuk melaksanakan haji atau umrah. Berikut ini adalah doa safar yang bisa dilafalkan:

"Subhanalladzi sakhkhara lana hadza, wa ma kunna lahu muqrinin, wa inna ila rabbina la munqalibun. Allahumma inna nas’aluka fi safarina haadza albira wa attaqwa, wa min al’amli ma tardha. Allahumma hawwin ‘alaina safarana haadza, watwi ‘anna bu’dahu. Allahumma anta-s-sahibufis-safari, walkhaleefatufil-ahli, Allahumma inni ‘a’udhubika min wa’tha’issafari, wa ka’abatil-manzar, wa su’u1-munqalabi fil-mali wal-ahli wal-walad."

Artinya:

"Mahasuci Rabb yang telah menundukkan segala sesuatu ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk memilikinya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Ya Allah, kami memohon kebaikan pada perjalanan kami ini dan taqwa kepada-Mu. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini dan jauhkanlah kami dari kesulitan-kesulitan setelahnya. Ya Allah, Engkau lah teman dalam perjalanan, dan yang menjaga keluarga kami. Ya Allah, kami berlindung dari kejelekan-kejelekan yang ada dalam perjalanan, tempat kembali dan dalam diri dan harta, keluarga dan anak-anak kami."

Doa Tawaf

Setelah tiba di Masjidil Haram, pelaksanaan ibadah dimulai dengan melakukan tawaf. Berikut ini adalah doa yang bisa dibaca saat melakukan tawaf:

"Bismillahi Allahu Akbar.
Subhanaka Allahumma wa bihamdika, wa tabarakasmuka, wa ta’ala jadduka, wa la ilaha ghairuka."
(Semua itu dilakukan dalam keadaan Ihram)

Artinya:

"Dengan nama Allah, Allah Maha Besar.
Mahasuci Engkau Ya Allah, dan segala Puji bagi-Mu.
Maha Suci nama-Mu dan dicintai. Maha Besar kekuatan-Mu."

Doa Sa’i

Doa sa’i dilakukan usai tawaf. Berikut ini adalah doa yang bisa dibaca saat melakukan sa’i:

"Allahumma inni as-aluka ridaka wal jannah, wa na’udzu bika min sakhatika wan-nar."

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon ridha-Mu dan surga-Mu, serta berlindung dari kemurkaan dan siksa-Mu."

Doa Wada’

Setelah menyelesaikan ibadah haji atau umrah, maka dilakukan lah doa wada’. Doa ini menjadi penutup dari ibadah yang sudah dilakukan di Tanah Suci. Berikut ini adalah contoh doa wada’:

"Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nuthni ‘alikal khair, wa nashkuruka wa laaa nakfuruka wa nakhla’u wa natruku man-y yafjuruka, Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusal-li wa nasjudu wa ilayka nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘adhdbkka inna ‘adhdbka bil-kuffari mulhiq."

artinya :

"Ya Allah, kami meminta pertolongan dan ampunan-Mu, dan kami beriman kepada-Mu serta bergantung pada-Mu, dan kami memohon kebaikan pada-Mu dan bersyukur kepada-Mu dan tidak mengingkari-Mu. Ya Allah, hanya Engkaulah yg kami sembah dan hanya Engkau yg kami do’akan dan hanya kepada Engkaulah kami berserah diri dan dalam-Mu kami berlindung , dan kami berharap kepada rahmat-Mu dan takut kepada adzab-Mu, sungguh adzab-Mu mengancam pada orang-orang kafir."

Dengan memahami kumpulan doa haji dan umrah, semoga kita dapat memperdalam ibadah kita dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Amin.

BACA JUGA:   Doa Niat Ihram Haji Tamattu: Panduan Lengkap