Skip to content
Home » Kumpulan Titipan Doa Saat Haji untuk Keberkahan dan Kesejahteraan

Kumpulan Titipan Doa Saat Haji untuk Keberkahan dan Kesejahteraan

Saat melakukan ibadah haji, umat muslim akan menjalankan banyak rukun dan syarat. Namun, tidak hanya itu saja, doa yang dilantunkan juga memiliki peran penting dalam keberkahan dan kesejahteraan yang diperoleh. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim yang menjalankan haji, tidak ada salahnya menambahkan doa-doa ke dalam kumpulan titipan doa saat haji. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas ibadah haji yang dilakukan. Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat dikumpulkan saat menjalankan rukun haji:

Titipan Doa pada Masa Ihram

Saat memasuki masa ihram, seorang muslim sebaiknya membaca doa:

"Labbaika Allahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik, Innal hamda wash shannah, laka wal mulk laa syarika lak"

Artinya:

"Kami menjawab seruan-Mu Ya Allah, kami menjawab seruan-Mu. Kami tiada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala pujian, nikmat dan kerajaan hanya milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu."

Dengan membaca doa tersebut, seorang muslim diharapkan dapat selalu mengingat tugas suci dan berusaha menjalankan ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

Titipan Doa saat Melakukan Tawaf

Selama menjalani tawaf, hindari mengucapkan permintaan atau berbicara yang tidak penting. Sebagai tambahan, umat muslim dapat menambahkan doa berikut saat melakukan tawaf:

"Allahumma i’inni ‘ala dzikrika, wa syukrika, wa husni ‘ibadatika"

Artinya:

"Ya Allah, bantulah aku untuk ingat terhadap-Mu (berzikir), bersyukur pada-Mu, dan beribadah dengan sebaik-baiknya kepada-Mu."

Melalui doa ini, diharapkan dapat menambah semangat umat muslim saat menjalankan tawaf.

Titipan Doa saat Bertemu Hajar Aswad

Saat bertemu dengan Hajar Aswad, umat muslim juga diharapkan membaca doa dengan penuh khusyuk dan keyakinan, sehingga doa tersebut dapat terkabul. Berikut adalah doa yang dapat dibaca:

BACA JUGA:   Doa Orang Yang Mau Berangkat Haji: Cara Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta

"Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma ij’alnee minat tawwaabin Wa ij‘alnee minal mutatahhirin"

Artinya:

" Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, jadikanlah saya termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah saya seorang yang suci."

Dengan membaca doa ini, diharapkan umat muslim dapat memohon ampunan dan permintaan untuk dijadikan hamba yang suci.

Titipan Doa saat Menghadapi Bukit Safa dan Marwah

Doa juga dibaca saat menghadapi Bukit Safa dan Marwah, di samping berlari antara kedua bukit tersebut. Berikut merupakan doa yang dapat dibaca:

"Rabbi ighfirli, wa tub ‘alayya, innaka antat tauwaburrahim"

Artinya:

"Ya Tuhanku berilah aku ampun dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

Dengan doa ini, umat muslim diharapkan bisa selalu dirindukan dengan ampunan yang diberikan oleh Allah SWT.

Titipan Doa saat Tahallul

Saat tahallul atau melepas ikatan pengharaman, umat muslim diharapkan untuk membaca doa:

"Labbaykallahumma labbayk, labbayka la syarika laka labbayk. Innal hamda, wan ni‘mata, Laka wal mulk. La syarika lak"

Artinya:

"Kami menjawab seruan-Mu Ya Allah, kami menjawab seruan-Mu. Kami tiada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala pujian, nikmat dan kerajaan hanya milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu."

Itu adalah beberapa lagu doa yang biasa dilantunkan saat menjalankan rukun haji. Harapan kita, dengan membaca doa tersebut, umat muslim akan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah hajinya dan memperoleh keberkahan dan kesejahteraan yang diinginkan.

Jadi, apa lagi yang kamu tunggu? Daftarkan dirimu dan siapkan dirimu untuk membaca doa-doa tersebut. Semoga keberkahan selalu menyertai kamu selama beribadah haji. Amien.