Skip to content
Home » Larangan bagi Laki-Laki dan Perempuan Selama Ibadah Haji

Larangan bagi Laki-Laki dan Perempuan Selama Ibadah Haji

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib bagi umat Muslim yang mampu untuk melakukannya. Ibadah haji dilakukan di Tanah Suci Mekkah dan Madinah selama beberapa hari, di mana para jemaah haji melakukan serangkaian ritual yang telah ditetapkan oleh agama Islam.

Namun, selama melakukan ibadah haji, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi oleh laki-laki dan perempuan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesucian dan kesejahteraan seluruh jemaah haji.

Berikut adalah beberapa larangan bagi laki-laki dan perempuan selama ibadah haji:

Larangan Bagi Laki-Laki Selama Ibadah Haji

1. Tidak Boleh Mencukur Rambut dan Kumis

Selama melakukan ibadah haji, laki-laki dilarang untuk mencukur atau mencukur rambut dan kumis. Hal ini merupakan salah satu dari beberapa bentuk persiapan sebelum memasuki ihram.

2. Tidak Boleh Memakai Pakaian Jahat

Para jemaah laki-laki juga dilarang memakai pakaian jahat seperti pakaian yang terlalu ketat atau terlalu transparan. Mereka harus memakai pakaian yang sopan dan tidak terlalu mencolok.

3. Tidak Boleh Berburu Hewan

Laki-laki juga dilarang untuk berburu hewan selama melakukan ibadah haji. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar Tanah Suci Mekkah dan Madinah.

Larangan Bagi Perempuan Selama Ibadah Haji

1. Tidak Boleh Memakai Pakaian Tertentu

Perempuan dilarang memakai pakaian yang menarik perhatian atau terlalu transparan selama melakukan ibadah haji. Mereka harus memakai pakaian yang sopan dan tidak terlalu mencolok.

BACA JUGA:   Biaya Perjalanan Ibadah Haji 2018

2. Tidak Boleh Mencukur atau Mewarnai Rambut

Selama melakukan ibadah haji, perempuan tidak diperbolehkan untuk mencukur atau mewarnai rambut. Mereka harus mempertahankan penampilan mereka sejak dari awal saat memasuki ihram.

3. Tidak Boleh Berhias dan Memakai Minyak Wangi

Perempuan juga dilarang untuk berhias dan memakai minyak wangi selama melakukan ibadah haji. Ini dapat mengganggu keseimbangan sosial di antara jemaah haji dan juga bertujuan untuk memperkuat semangat kesederhanaan dan kerendahan hati.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa larangan yang harus dipatuhi oleh laki-laki dan perempuan selama ibadah haji. Dalam menjalankan ibadah, setiap jemaah haji harus memperhatikan tata cara dan menjaga ketertiban agar ibadah haji dapat dilaksanakan dengan lancar. Semoga bermanfaat.