Skip to content
Home » Larangan Dalam Ibadah Haji: Ketahui Apa Yang Dilarang Dan Mengapa Penting Untuk Dijauhi

Larangan Dalam Ibadah Haji: Ketahui Apa Yang Dilarang Dan Mengapa Penting Untuk Dijauhi

Apa saja larangan dalam ibadah haji?

Apa saja Larangan dalam Ibadah Haji?

Ibadah haji merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim yang mampu. Dalam melakukan ibadah haji, terdapat beberapa larangan yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa larangan dalam ibadah haji.

Memakai Pakaian yang Berjahit Bagi Laki-laki

Salah satu larangan dalam ibadah haji adalah memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki. Hal tersebut diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW agar haji tidak terlihat berbeda dengan orang-orang yang melakukan ibadah umrah. Hal ini dilakukan agar haji menjadi sama dengan orang yang melakukan ibadah umrah.

Memotong atau Mencabut Rambut atau Bulu-bulu

Selain larangan memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki, dalam ibadah haji juga dilarang untuk memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa pemotongan rambut atau bulu-bulu adalah termasuk perbuatan yang dilarang dalam ibadah haji.

Memotong Kuku

Selain memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu, dalam ibadah haji juga dilarang untuk memotong kuku. Hal ini juga sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa pemotongan kuku adalah termasuk perbuatan yang dilarang dalam ibadah haji.

Memakai Wangi-wangian

Selain memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu dan memotong kuku, dalam ibadah haji juga dilarang untuk memakai wangi-wangian. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa memakai wangi-wangian adalah termasuk perbuatan yang dilarang dalam ibadah haji.

Membunuh Binatang Buruan atau Menyakitinya

Selain memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu, memotong kuku, dan memakai wangi-wangian, dalam ibadah haji juga dilarang untuk membunuh binatang buruan atau menyakitinya. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa membunuh binatang buruan atau menyakitinya adalah termasuk perbuatan yang dilarang dalam ibadah haji. Kecuali binatang yang membahayakan, maka haji dilarang untuk membunuh binatang tersebut.

BACA JUGA:   Selama di Madinah, Jemaah Haji yang Mampu Melakukan Ibadah Apa?

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa larangan dalam ibadah haji yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang melakukan ibadah haji. Beberapa larangan tersebut adalah memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki, memotong dan mencabut rambut atau bulu-bulu, memotong kuku, memakai wangi-wangian, dan membunuh binatang buruan atau menyakitinya. Oleh karena itu, setiap orang yang melakukan ibadah haji harus memperhatikan dan menjalankan larangan-larangan tersebut agar ibadah haji yang dilakukannya dapat diterima oleh Allah SWT.