Skip to content
Home » Larangan Dalam Umroh: Kenali Hal-Hal Yang Dilarang Saat Melakukan Ibadah Umroh

Larangan Dalam Umroh: Kenali Hal-Hal Yang Dilarang Saat Melakukan Ibadah Umroh

Larangan dalam umroh Apa saja?

Larangan dalam Umroh: Apa Saja?

Umroh adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Umroh dapat diartikan sebagai perjalanan spiritual yang dilakukan untuk mengenal dan memahami lebih dekat agama Islam. Sebagai ibadah, umroh juga memiliki beragam larangan yang harus diikuti oleh setiap orang yang menjalankan ibadah tersebut. Berikut adalah beberapa larangan yang harus diikuti oleh orang yang melaksanakan ibadah umroh:

Memakai Pakaian yang Berjahit Bagi Laki-Laki

Larangan pertama yang harus diikuti oleh orang yang melakukan ibadah umroh adalah memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki. Hal ini adalah salah satu bentuk menghormati agama dan merupakan salah satu dari sekian banyak larangan yang ada dalam ibadah umroh.

Laki-laki yang melakukan ibadah umroh sebaiknya tidak memakai pakaian yang berjahit terutama saat melakukan ibadah di Makkah dan Madinah. Hal ini dikarenakan jahitan pada pakaian yang dikenakan oleh laki-laki dapat mengganggu konsentrasi saat beribadah. Oleh karena itu, sebaiknya laki-laki menggunakan pakaian yang tidak ada jahitannya.

Memotong atau Mencabut Rambut atau Bulu-Bulu

Selain memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki, larangan lain yang harus diikuti oleh orang yang melakukan ibadah umroh adalah memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu. Hal ini adalah salah satu bentuk menghormati agama dan merupakan salah satu dari sekian banyak larangan yang ada dalam ibadah umroh.

Orang yang melaksanakan ibadah umroh harus menghindari melakukan aktivitas memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut dapat membuat orang yang melakukan ibadah umroh menjadi lebih sibuk daripada memusatkan perhatiannya pada ibadah. Oleh karena itu, sebaiknya orang yang melaksanakan ibadah umroh menghindari melakukan aktivitas tersebut.

BACA JUGA:   Hotel Terbaik untuk Travel Umroh yang Terdaftar di Departemen Agama

Memotong Kuku

Larangan lain yang harus diikuti oleh orang yang melakukan ibadah umroh adalah memotong kuku. Hal ini adalah salah satu bentuk menghormati agama dan merupakan salah satu dari sekian banyak larangan yang ada dalam ibadah umroh.

Orang yang melaksanakan ibadah umroh harus menghindari memotong kuku. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut dapat mengganggu konsentrasi saat beribadah. Oleh karena itu, sebaiknya orang yang melaksanakan ibadah umroh menghindari melakukan aktivitas memotong kuku.

Memakai Wangi-Wangian

Selain memotong kuku, larangan lain yang harus diikuti oleh orang yang melakukan ibadah umroh adalah memakai wangi-wangian. Hal ini adalah salah satu bentuk menghormati agama dan merupakan salah satu dari sekian banyak larangan yang ada dalam ibadah umroh.

Orang yang melaksanakan ibadah umroh sebaiknya tidak memakai wangi-wangian. Hal ini dikarenakan wangi-wangian dapat mengganggu konsentrasi saat beribadah. Oleh karena itu, sebaiknya orang yang melaksanakan ibadah umroh menghindari memakai wangi-wangian.

Membunuh Binatang Buruan atau Menyakitinya, Kecuali Binatang yang Membahayakan

Larangan lain yang harus diikuti oleh orang yang melakukan ibadah umroh adalah membunuh binatang buruan atau menyakitinya, kecuali binatang yang membahayakan. Hal ini adalah salah satu bentuk menghormati agama dan merupakan salah satu dari sekian banyak larangan yang ada dalam ibadah umroh.

Orang yang melaksanakan ibadah umroh sebaiknya tidak membunuh binatang buruan atau menyakitinya, kecuali binatang yang membahayakan. Hal ini dikarenakan binatang buruan yang dibunuh atau disakiti oleh orang yang melaksanakan ibadah umroh dapat mengganggu konsentrasi saat beribadah. Oleh karena itu, sebaiknya orang yang melaksanakan ibadah umroh menghindari melakukan aktivitas tersebut.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ibadah umroh memiliki beragam larangan yang harus diikuti oleh setiap orang yang menjalankan ibadah tersebut. Larangan-larangan tersebut antara lain memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki, memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu, memotong kuku, memakai wangi-wangian, dan membunuh binatang buruan atau menyakitinya, kecuali binatang yang membahayakan. Dengan mengikuti berbagai larangan yang ada dalam ibadah umroh, maka orang yang melaksanakan ibadah tersebut dapat memusatkan perhatiannya pada ibadah dan meningkatkan keimanannya kepada Tuhan.

BACA JUGA:   Cara Daftar Paket Internet Umroh Telkomsel