Skip to content
Home » Larangan Ibadah Umroh yang Perlu Kamu Ketahui

Larangan Ibadah Umroh yang Perlu Kamu Ketahui

Apakah kamu berencana untuk melakukan ibadah umroh? Pastikan kamu mengetahui larangan-larangan yang harus dihindari saat melaksanakan ibadah ini. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

1. Melakukan Ihram Sebelum Waktu yang Ditentukan

Ihram adalah niat awal sebelum melaksanakan ibadah haji atau umroh. Ihram dilakukan dengan mengenakan pakaian ihram dan mengucapkan niat untuk melakukan ibadah umroh. Namun, jangan sampai melakukan ihram sebelum waktu yang telah ditentukan. Peraturan ihram dimulai dari miqat yang berbeda-beda sesuai dengan tempat asal jamaah.

2. Mencukur/Rambut Pendek Sebelum Waktu yang Ditentukan

Setelah melakukan ihram, jamaah laki-laki diperbolehkan untuk mencukur atau memotong rambut pendek. Jangan melakukan ini sebelum waktu yang telah ditentukan karena hal ini bisa membuat ibadah umroh kamu tidak sah.

3. Berburu Binatang di Hutan Haram

Kamu tidak boleh berburu binatang di hutan haram atau tempat yang dianggap suci oleh umat Islam. Hal ini akan mengurangi keberkahan umroh kamu dan merusak lingkungan.

4. Memotong Tanaman di Hutan Haram

Tidak hanya berburu binatang, memotong tanaman di hutan haram juga dilarang. Kamu dapat merusak ekosistem di tempat tersebut yang berdampak pada keberlangsungan hidup flora dan fauna di sekitarnya.

5. Berbicara tentang Hubungan Suami Istri

Saat melaksanakan ibadah umroh, jamaah tidak boleh membicarakan tentang hubungan suami istri. Hal ini dianggap tabu dan dapat mengurangi kehormatan ibadah umroh kamu. Sebagai gantinya, gunakan waktu selama di Mekah dan Madinah untuk berzikir dan berdoa.

BACA JUGA:   Daftar Biro Umroh Ilegal: Hindari Penipuan dengan Mengetahui Ciri-cirinya

6. Berkunjung ke Tempat yang Dilarang

Beberapa tempat di Mekah dan Madinah dilarang untuk dikunjungi oleh jamaah umroh. Salah satu contohnya adalah Masjid Kuibrah, yang menurut sejarah dianggap sebagai tempat di mana teman-teman nabi membangun benteng untuk melawan musuh. Meskipun tempat tersebut menarik untuk dikunjungi, tetapi sebagai seorang muslim, jangan melanggar aturan yang telah ditetapkan.

7. Memakai Pakaian Tertentu

Jamaah umroh akan diberikan serban dan pakaian ihram. Selain itu, di Mekah dan Madinah terdapat juga pakaian-pakaian yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh. Namun, jangan memakai pakaian tertentu yang bertulisan nama-nama orang atau mengandung unsur politik.

8. Terlalu Fokus pada Foto

Saat melaksanakan umroh, sebaiknya tidak terlalu fokus pada pengambilan foto. Berdoalah dan nikmati proses ibadah. Kamu bisa mengabadikan momen-momen penting saat terbatas waktu dan momen itu menyampaikan keindahan kebersamaan di Tanah Suci.

9. Membuang Sampah di Tempat yang Salah

Tanah Suci harus dijaga kebersihannya. Oleh karena itu, jangan membuang sampah sembarangan, terutama di lingkungan sekitar tempat ibadah. Selalu cari tempat sampah yang sesuai untuk membuang sampah. Hal ini akan membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan selama ibadah umroh.

Kesimpulan

Larangan-larangan yang telah dijelaskan di atas sangat penting untuk diperhatikan saat melakukan ibadah umroh. Jangan menganggap remeh aturan-aturan tersebut karena dapat mengurangi keberkahan dan ketenangan saat menjalankan ibadah umroh. Semoga ibadah umroh kamu diterima oleh Allah SWT.