Skip to content
Home » Materi Manasik Haji: Ibadah dan Kegiatan Selama Dipesawat

Materi Manasik Haji: Ibadah dan Kegiatan Selama Dipesawat

Manasik Haji adalah persiapan untuk melaksanakan ibadah haji. Setiap tahun, jutaan umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Makkah untuk beribadah haji. Bagi mereka yang mempersiapkan diri untuk melaksanakan haji, manasik haji penting untuk dipelajari dan dipahami dengan baik. Dalam rangka untuk membantu umat Islam yang ingin melaksanakan haji, artikel ini akan membahas materi manasik haji tentang ibadah dan kegiatan selama dipesawat.

Ibadah Selama Dipesawat

Ketika umat Islam duduk dalam pesawat menuju Jeddah, terdapat beberapa ibadah yang dapat dilakukan. Ini termasuk membaca doa-doa dan zikir-zikir. Banyak maskapai penerbangan juga menyediakan kitab suci Al-Quran dan mushaf yang dapat digunakan oleh para penumpang.

Selain itu, umat Islam juga harus memastikan bahwa mereka makan dan minum dengan baik dan cukup selama penerbangan. Ini selayaknya menjadi persiapan penting, karena setelah tiba di Jeddah, umat Islam akan memasuki fase puasa sunnah Arafah dan akan melakukan banyak aktivitas fisik seperti berjalan kaki dari Mina ke Arafah.

Persiapan Sebelum Penerbangan

Sebelum terbang menuju Jeddah, umat Islam harus memastikan bahwa mereka sudah memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk melakukan ibadah haji. Ini termasuk paspor, visa haji, dan sertifikat vaksinasi Meningitis ACWY.

Umat Islam juga harus memastikan bahwa mereka memiliki pakaian dan perlengkapan haji yang sesuai seperti ihram, sandal, handuk, dan tas untuk membawa perlengkapan. Jika umat Islam berangkat dalam kelompok, maka mereka harus memastikan bahwa mereka memiliki informasi tentang jadwal dan keberangkatan bersama dengan kelompok mereka.

Kegiatan Selama Penerbangan

Selama penerbangan, umat Islam dapat memperbaiki niat mereka untuk melaksanakan ibadah haji. Selain itu juga akan ada beberapa kegiatan yang disediakan oleh maskapai penerbangan selama perjalanan ke Arab Saudi.

BACA JUGA:   Jika Sudah Daftar Haji Reguler, Bisakah Jadi Haji Plus?

Di samping itu, kegiatan lain yang dapat dilakukan selama penerbangan termasuk membaca kitab suci, mendengarkan rekaman audio tentang haji, menonton video dan dokumenter tentang Makkah dan Madinah, serta beristirahat dan tidur.

Kesimpulan

Dalam rangka untuk melaksanakan ibadah haji dengan benar dan dengan penuh pengertian, manasik haji penting untuk dipelajari dan dipahami dengan baik. Bagi umat Islam yang ingin melaksanakan haji, persiapan sebelum penerbangan dan kegiatan selama penerbangan perlu dipersiapkan dengan baik. Hal ini akan memberikan pengalaman yang lancar dan membantu umat Islam untuk memenuhi tuntutan ibadah haji dengan lebih baik dan lebih baik lagi.

Jadi, jika Anda ingin melakukan ibadah haji, pastikan Anda menyiapkan diri dengan baik dan mempelajari persiapan dan kegiatan selama dipesawat. Selamat menunaikan ibadah haji!