Skip to content
Home » Materi Manasik Haji: Ibadah dan Kegiatan Selama Dipesawat

Materi Manasik Haji: Ibadah dan Kegiatan Selama Dipesawat

Materi Manasik Haji: Ibadah dan Kegiatan Selama Dipesawat

Apakah Anda akan melakukan ibadah haji dan membutuhkan informasi tentang manasik haji? Berikut ini adalah materi manasik haji, terutama tentang ibadah dan kegiatan selama dipesawat. Dalam materi ini, kita akan membahas tentang tata cara melakukan ibadah haji, baik di darat maupun di udara. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Persiapan Ibadah di Pesawat

Sesampainya di bandara dan akan naik pesawat, calon jemaah haji akan melakukan serangkaian persiapan ibadah. Hal penting yang harus dipersiapkan adalah membawa perlengkapan sholat, seperti sajadah, tasbih, dan Al-Quran. Selain itu, jemaah haji juga perlu membawa kursi roda atau alat bantu lainnya jika memerlukan.

Doa dan Dzikir di Pesawat

Setelah melakukan persiapan tersebut, jemaah haji yang akan melakukan ibadah di pesawat perlu memperbanyak doa dan dzikir. Ini dilakukan untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan selama perjalanan haji. Beberapa doa dan dzikir yang dapat dilakukan di pesawat antara lain:

  • Membaca doa naik pesawat
  • Membaca doa sebelum dan sesudah makan
  • Membaca bacaan dzikir pagi dan petang
  • Membaca dzikir saat pesawat terbang di atas Ka’bah

Sholat dan Tawaf di Pesawat

Selama perjalanan haji, jemaah haji juga bisa melakukan sholat dan tawaf di pesawat. Misalnya, ketika pesawat berada di atas Ka’bah, jemaah haji dapat melakukan sholat dan tawaf di pesawat. Namun, jika keadaan cuaca buruk atau pesawat mengalami turbulensi, sholat dan tawaf di pesawat harus ditunda.

Mengenal Kiblat di Pesawat

Saat berada di pesawat, jemaah haji perlu mengetahui arah kiblat agar bisa menentukan arah sholat dan doa. Untuk mengetahuinya, jemaah haji dapat menggunakan arah kompas atau GPS pada perangkat elektronik. Selain itu, beberapa maskapai penerbangan juga menyediakan informasi tentang arah kiblat di dalam pesawat.

BACA JUGA:   Perdebatan Seputar Penggunaan Payung Saat Melakukan Ibadah Haji

Kegiatan Menarik Selama Perjalanan

Selain ibadah, jemaah haji juga bisa melakukan kegiatan lain selama perjalanan haji di pesawat. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan antara lain membaca buku tentang haji, menonton film bertema religi, atau mengobrol dengan sesama jemaah haji. Dengan begitu, dapat meningkatkan kebersamaan antara jemaah haji dan membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Kesimpulan

Dari materi manasik haji di atas, kita bisa belajar tentang persiapan ibadah haji di pesawat, doa dan dzikir yang harus dipanjatkan, panduan sholat dan tawaf, arah kiblat, dan kegiatan menarik selama perjalanan. Semoga materi ini bermanfaat bagi calon jemaah haji dan siswa yang ingin belajar tentang ibadah haji. Dengarkanlah doa dan tetap semangat dalam mendaki ke rumah Allah.