Skip to content
Home » Mekkah ke Madinah: Panduan Lengkap Rute Ibadah Haji

Mekkah ke Madinah: Panduan Lengkap Rute Ibadah Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Muslim yang mampu secara finansial maupun fisik. Selama pelaksanaan ibadah haji, terdapat rute atau perjalanan yang harus dilalui oleh jemaah haji mulai dari Ihram, Mekah, hingga ke Madinah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas dalam detail rute ibadah haji dari Mekkah ke Madinah. Simak informasi lengkapnya di bawah ini:

Ihram

Ihram adalah kondisi bagi jemaah haji yang memasuki batas-batas suci yang disebut Miqat. Miqat terdapat di beberapa tempat seperti Yalamlam, Juhfah, Qarnul Manazil, Yabbas, dan Dhat Irq.

Jemaah haji harus mandi dan bersih-bersih dengan air sebelum memakai pakaian Ihram. Setelah itu, jemaah haji memulai perjalanan secara rohani dengan membaca niat Ihram.

Mekah

Sesampainya di Mekah, jemaah haji harus melaksanakan beberapa ritual seperti thawaf dan sai. Thawaf adalah ritual mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali mengelilinginya searah putaran jarum jam.

Setelah thawaf, jemaah haji melaksanakan sai atau berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali.

Setelah selesai melaksanakan thawaf dan sai, jemaah haji dapat mengambil air zam-zam yang tersedia di Masjidil Haram.

Mina

Setelah melaksanakan thawaf dan sai, jemaah haji menuju ke Mina, sebuah tempat perkemahan yang terletak sekitar 5 kilometer sebelah timur Mekah.

Di sini, jemaah haji akan tinggal selama 2-3 hari dan melakukan beberapa ritual ibadah seperti mabit, melempar jumrah, dan menyembelih hewan kurban.

Arafah

Setelah selesai berada di Mina, jemaah haji menuju ke Arafah yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Mekah. Di sini, jemaah haji akan berdiri di bukit Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

BACA JUGA:   Daftar Tunggu Haji Sragen - Apakah Anda Sudah Mendaftar?

Pada hari ini, jemaah haji melakukan doa dan taubat serta memohon ampun kepada Allah SWT.

Muzdalifah

Setelah selesai di Arafah, jemaah haji bergerak menuju ke Muzdalifah yang berjarak sekitar 9 kilometer dari Arafah.

Di sini, jemaah haji akan mengumpulkan batu untuk melaksanakan ritual melempar jumrah.

Mina (Melontar)

Setelah selesai di Muzdalifah, jemaah haji kembali ke Mina untuk melaksanakan ritual melempar jumrah. Ritual ini dilakukan dengan melempar 7 kali pada satu kolom dari tiga kolom yang tersedia.

Maddah Al-Haram

Setelah melakukan ritual melempar jumrah, jemaah haji menuju ke Masjidil Haram untuk melakukan thawaf wada dan tahalli.

Thawaf wada adalah thawaf terakhir sebelum meninggalkan Mekah, sedangkan tahalli adalah melepaskan kondisi Ihram.

Madinah

Setelah selesai di Mekah, jemaah haji menuju ke kota Madinah yang merupakan kota suci kedua bagi umat Islam.

Di sini, jemaah haji mengunjungi Masjid Nabawi yang menjadi tempat peristirahatan terakhir Rasulullah SAW. Selain itu, jemaah haji juga dapat mengunjungi makam Rasulullah SAW dan para sahabat di sekitar Masjid Nabawi.

Itulah rute ibadah haji dari Mekah ke Madinah secara lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu jemaah haji dalam pelaksanaan ibadah hajinya.