Skip to content
Home » Melakukan Haji Terlebih Dahulu Kemudian Ibadah Umrah Disebut Haji

Melakukan Haji Terlebih Dahulu Kemudian Ibadah Umrah Disebut Haji

Masyarakat muslim di seluruh dunia tentunya mengenal istilah haji dan umrah. Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim yang mampu fisik dan finansial sekali seumur hidupnya. Sedangkan, umrah bisa dilakukan kapan saja dan ada pada tataran sunnah. Namun, adakalanya terdapat kesalahan yang dilakukan para muslim dalam membedakan antara haji dan umrah. Banyak yang menganggap umrah sebagai "haji kecil" atau bahkan masih terdapat kesangkutan yang beranggapan bahwa umrah hukumnya penting daripada haji. Di dalam artikel ini, kami akan menjelaskan seukuran apa saja haji dan umrah serta adat agar Anda mampu memahami perbedaan keduanya.

Apa Itu Haji?

Haji adalah suatu ritual ibadah wajib yang dilakukan oleh kaum muslimin sekali seumur hidupnya. Haji jarang dilaksanakan oleh umat muslim yang tidak mempunyai kemampuan fisik dan finansial. Kehadiran jamaah haji dari berbagai negara di Makkah merupakan pengalaman yang menakjubkan karena tidak merasakan pengalaman yang sama ketika kita menjalankan ibadah di tanah air. Kehadiran kita menjadi bagian dari jutaan jamaah haji dari seluruh dunia untuk memenuhi panggilan Allah Swt serta berusaha untuk memanjatkan doa dan meraih ampunan-Nya.

Apa Itu Umrah?

Ibadah umrah dilakukan di Kota Suci Makkah dan merupakan salah satu sunnah Muakkadah bagi umat muslim. Umrah dikerjakan dengan membacakan niat di Miqat, dilanjutkan dengan melakukan thawaf di Ka’bah, kemudian sa’i di antara bukit Safa dan Marwah, setelah itu potong kuku dan rambut di Miqat. Melaksanakan ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja dan umrah pun termasuk ibadah yang sangat diidamkan oleh para umat muslim di dunia.

BACA JUGA:   Daftar Petugas Haji Online - Solusi Cepat dan Mudah untuk Pelaksanaan Ibadah Haji

Perbedaan Antara Haji dan Umrah

Perbedaan yang sangat mendasar antara haji dan umrah adalah pada tingkat kewajiban yang dimiliki. Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan sekali seumur hidup bagi yang mampu. Sebaliknya, umrah hanya merupakan salah satu sunnah Muakkadah, yang bisa dilakukan setiap saat. Selain itu, haji membutuhkan persiapan yang jauh lebih banyak dan kompleks ketimbang umrah. Dalam pelaksanaannya, haji mempunyai waktu yang lebih lama dan harus mengikuti sejumlah ritual khusus, antara lain berhenti di padang Arafah, berkurban, dan haji tamattu.

Kenapa Haji Lebih Penting dari Umrah?

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan sekali seumur hidup bagi yang mampu. Haji juga merupakan pengalaman yang tidak bisa diulang dan bisa memberikan kesan mendalam bagi para jamaahnya. Selain itu, menunaikan haji yang sah dapat membawa keberkahan serta memberikan banyak pengampunan dari dosa-dosa sebelumnya. Oleh karena itu, haji lebih penting dari umrah karena kepentingannya juga lebih besar.

Kesimpulan

Dalam menunaikan ibadah, haji dan umrah mempunyai kesamaan dan perbedaan. Kewajiban menunaikan haji tidak bisa digantikan oleh umrah karena haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan sekali seumur hidup. Selain itu, haji lebih kompleks dan memiliki ritual yang berbeda dengan umrah serta dikerjakan dalam waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, hendaknya seorang muslim mempunyai pemahaman yang jelas mengenai perbedaan antara haji dan umrah untuk memaksimalkan ibadah yang dilakukan.

Jangan lupa untuk mengajak keluarga dan kerabat agar bisa menjadi bagian dalam menjalankan haji dan umrah. Bagikan artikel ini dan jangan lewatkan kesempatan untuk menunaikan haji sekali seumur hidup!

BACA JUGA:   Hubungan Diabetes Mellitus dan Ibadah Haji