Skip to content
Home » Melakukan Ibadah Haji dan Umroh Secara Bersamaan Disebut

Melakukan Ibadah Haji dan Umroh Secara Bersamaan Disebut

Melakukan Ibadah Haji dan Umroh secara bersamaan disebut sebagai Tamattu’ yang merupakan cara umum yang dilakukan oleh para jamaah haji. Namun, apa sebenarnya Tamattu’ dan bagaimana cara melaksanakannya?

Apa itu Tamattu’?

Tamattu’ merupakan cara melakukan ibadah haji dan umroh secara bersamaan dengan prosedur tertentu. Dalam prosedur ini, pada awalnya jamaah melakukan ibadah umroh pada bulan Dzulhijjah, kemudian setelah selesai melakukan umroh, mereka melakukan ihram kembali untuk melakukan ibadah haji.

Pada umumnya, para jamaah haji melakukan Tamattu’ untuk memudahkan diri mereka dan meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Tidak hanya itu, Tamattu’ juga merupakan cara yang diakui oleh agama Islam sebagai cara yang sah dalam melaksanakan ibadah haji.

Bagaimana Cara Melakukan Tamattu’?

Bagi para jamaah haji yang ingin melakukan Tamattu’, terlebih dahulu harus memahami prosedur yang harus dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah melaksanakan Tamattu’:

  1. Ihram Ke Umroh – Para jamaah pergi ke Makkah dan setelah mencapai Miqat, mereka memakai pakaian ihram dan berniat melakukan ibadah umroh. Setelah semua syarat umroh selesai, maka upacara tahallul dilakukan untuk mengakhiri ibadah umroh tersebut.
  2. Ibadah Bebas – Dalam jangka waktu antara tahallul dan awal atau tengah bulan Dzulhijjah atau saat penyembolan hewan qurban, para jamaah dapat melakukan ibadah apa saja tanpa dibatasi oleh larangan-larangan pada masa ihram.
  3. Membuat Ihram Ke Haji – Pada awal atau saat menengah bulan Dzulhijjah, para jamaah kembali memakai pakaian ihram dengan berniat untuk melakukan ibadah haji. Setelah itu, mereka melakukan rangkaian ibadah haji sesuai dengan prosedurnya.

Melakukan Tamattu’ sendiri memiliki keuntungan tersendiri bagi para jamaah haji, seperti biaya yang lebih terjangkau dan lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, Tamattu’ layak dipertimbangkan bagi para jamaah yang ingin melakukan ibadah haji dan umroh secara bersamaan.

BACA JUGA:   Syarat Daftar Haji Semarang

Kesimpulan

Melakukan ibadah haji dan umroh secara bersamaan disebut Tamattu’, yang merupakan cara umum yang dilakukan oleh para jamaah haji dengan prosedur tertentu. Tamattu’ sendiri memiliki keuntungan tersendiri bagi para jamaah haji, seperti biaya yang lebih terjangkau dan lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, bagi para jamaah yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah secara bersamaan, Tamattu’ menjadi pilihan yang tepat.