Skip to content
Home » Memahami Perbedaan Antara Umroh Dan Haji Kecil

Memahami Perbedaan Antara Umroh Dan Haji Kecil

Apakah umroh haji kecil?

Apakah Umroh Haji Kecil?

Umroh atau ziarah ke Baitullah adalah salah satu ibadah yang wajib dikerjakan oleh semua orang Islam. Ziarah ini meliputi prosesi thawaf, sa’i, dan diakhiri dengan mencukur gundul atau memendekkan rambut di kepala. Karena itu, ziarah ini juga sering disebut sebagai haji kecil.

Umroh Haji Kecil adalah sebuah ritual haji yang hanya diikuti oleh orang-orang yang beragama Islam. Setiap orang yang ingin melaksanakan umroh harus menjalankan prosesi seperti thawaf, sa’i, dan mencukur gundul atau memendekkan rambut di kepala.

Prosesi thawaf adalah prosesi melakukan 7 putaran berjalan di sekitar Ka’bah. Setiap putaran berjalan di sekitar Ka’bah harus dilakukan dengan sikap sujud, menghormati Ka’bah, dan mengingat Allah. Selain itu, saat melakukan thawaf, jangan lupa untuk membaca doa dan bertasbih kepada Allah.

Selain prosesi thawaf, umroh Haji Kecil juga mencakup prosesi sa’i. Prosesi sa’i adalah prosesi melakukan berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah. Hal ini dilakukan 7 kali untuk mengingatkan kita tentang bagaimana Ismail dan Ibunya, Hajar, melakukan sa’i di antara kedua bukit tersebut.

Di akhir prosesi, para jamaah harus mencukur gundul atau memendekkan rambut di kepala. Hal ini merupakan tanda bahwa mereka telah melaksanakan ibadah haji dengan ikhlas dan tulus. Selain itu, mereka juga harus menjalankan beberapa prosesi lainnya seperti berdzikir, berdoa, dan memperbanyak sedekah.

Keutamaan Umroh Haji Kecil

Umroh Haji Kecil juga memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah:

1. Pahala yang Besar

Umroh Haji Kecil adalah salah satu ibadah haji yang memiliki pahala yang sangat besar. Dengan melaksanakan ibadah ini, maka pahala yang didapatkan akan menjadi berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan ibadah-ibadah lain. Hal ini tentu saja menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang ingin melakukan umroh Haji Kecil.

BACA JUGA:   Revisi UU Ibadah Haji 2018

2. Menghapus Dosa

Melakukan ibadah haji juga akan membantu kita untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan selama ini. Dengan menghapus dosa-dosa tersebut, maka kita akan bisa merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hati.

3. Menjadi Lebih Berhikmah

Selain itu, dengan melakukan ibadah haji juga akan membantu seseorang untuk menjadi lebih berhikmah. Melalui prosesi-prosesi yang ada di dalam haji, seseorang akan belajar untuk bersabar, bersyukur, dan berakhlak mulia.

Bagaimana Cara Melaksanakan Umroh Haji Kecil?

Bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh Haji Kecil, anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti:

  • Memiliki Paspor dan Visa Haji
  • Memiliki Uang Tunai dan Kartu Kredit
  • Memiliki Surat Keterangan Dokter yang Menyatakan Bahwa Anda Sehat
  • Memiliki Perjanjian Umroh Resmi
  • Memiliki Persediaan Obat-obatan

Selain itu, anda juga harus mengikuti sejumlah syarat lainnya seperti mengikuti prosesi haji dengan ikhlas dan tulus, serta mempersiapkan diri untuk melakukan ibadah haji dengan baik dan benar.

Kesimpulan

Umroh Haji Kecil adalah salah satu ibadah haji yang harus dilakukan oleh umat Islam. Ibadah ini meliputi prosesi thawaf, sa’i, dan diakhiri dengan mencukur gundul atau memendekkan rambut di kepala. Umroh Haji Kecil memiliki banyak keutamaan, seperti pahala yang besar, menghapus dosa, dan menjadi lebih berhikmah.

Untuk anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh Haji Kecil, anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah disebutkan di atas dan juga mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah haji dengan ikhlas dan tulus. Dengan melakukan semua hal tersebut, maka anda akan bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar dan memperoleh pahala yang besar.