Skip to content
Home » Memahami Tata Cara Umroh Yang Benar: Panduan Lengkap Untuk Calon Jamaah Umroh

Memahami Tata Cara Umroh Yang Benar: Panduan Lengkap Untuk Calon Jamaah Umroh

Bagaimana tata cara umroh yang benar?

Bagaimana Tata Cara Umrah yang Benar?

Umrah adalah salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap orang yang beriman. Bagi yang belum pernah melaksanakan ibadah umrah, terkadang dapat mengalami kesulitan dalam memahami tata cara umrah yang benar. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya panduan yang jelas dan akurat untuk dapat melakukan ibadah umrah sesuai syariat.

Persiapan Sebelum Ihram

Sebelum melakukan ibadah umrah, Anda wajib untuk mempersiapkan diri dengan segala keperluannya. Hal ini penting untuk dilakukan agar ibadah umrah Anda akan berjalan lancar. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:

• Mempersiapkan dokumen pembuatan visa dan biaya umrah.
• Mempersiapkan pakaian dan perlengkapan umrah yang akan Anda gunakan.
• Mempersiapkan uang muka dan uang saku yang akan digunakan saat berada di Tanah Suci.
• Mempersiapkan obat-obatan dan alat kesehatan yang dibutuhkan.
• Mempersiapkan makanan dan minuman yang dibutuhkan saat berada di Tanah Suci.

Berihram

Setelah Anda mempersiapkan segala yang diperlukan, maka Anda sudah dapat melakukan ibadah umrah. Untuk memulai ibadah umrah, maka Anda harus berihram. Berihram adalah proses mengenakan pakaian ihram dan mengucapkan kalimat persyaratan. Pada saat berihram, Anda harus mengucapkan kalimat persyaratan sebagai berikut:

“Labbayka Allahumma Umrah”

Kalimat Talbiah

Setelah berihram, Anda kemudian harus membaca kalimat talbiah. Kalimat talbiah adalah kalimat yang dibaca untuk meyakini bahwa Anda sudah dalam kondisi ihram dan akan melaksanakan ibadah umrah. Kalimat talbiah adalah sebagai berikut:

“Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaika La Syarika Laka Labbaik, Innal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk, La Syarika Lak”

Masuk Masjidil Haram

Setelah mengucapkan kalimat talbiah, Anda kemudian dapat masuk kedalam Masjidil Haram dan melakukan tawaf. Namun sebelum masuk kedalam Masjidil Haram, Anda harus melewati pintu Babussalam. Pada saat melewati pintu Babussalam, Anda harus mengucapkan kalimat berikut:

BACA JUGA:   Apa yang Sebaiknya Dilakukan di Sela-Sela Ibadah Umroh?

“Bismillah, Allahu Akbar, La Illaha Illallah, Wallahu Akbar, La Illaha Illallah, Wallahu Akbar, La Illaha Illallah, Wallahu Akbar wa Lillahi Alhamd”

Menuju Hajar Aswad

Setelah masuk kedalam Masjidil Haram, Anda harus menuju ke Hajar Aswad. Pada saat menuju ke Hajar Aswad, Anda harus mengucapkan kalimat berikut:

“Aku datang kepadaMu, wahai Tuhanku, dengan tujuan mengerjakan ibadah haji. Aku memohon kepadaMu ampunan dan keberkahan. Aku memohon padaMu agar mengabulkan semua doaku”

Tawaf 7 Kali Putaran

Setelah sampai di Hajar Aswad, Anda kemudian harus melakukan tawaf. Tawaf adalah suatu ritual ibadah haji yang dilakukan dengan melakukan putaran di sekitar Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Anda harus mengucapkan kalimat berikut pada saat melakukan tawaf:

“Aku mengerjakan ibadah haji dengan tujuan untuk mencintai dan menghormatiMu, wahai Tuhanku”

Kembali ke Hajar Aswad

Setelah melakukan tawaf sebanyak tujuh putaran, Anda kemudian harus kembali ke Hajar Aswad. Pada saat berada di Hajar Aswad, Anda harus mengucapkan kalimat berikut:

“Aku datang kepadaMu, wahai Tuhanku, dengan tujuan mengerjakan ibadah haji. Aku berharap agar Engkau meridhai segala amal ibadahku”

Kesimpulan

Umrah adalah salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Untuk melaksanakan ibadah umrah, Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan segala yang dibutuhkan. Setelah itu, Anda harus berihram, membaca kalimat talbiah, masuk Masjidil Haram, melakukan tawaf, dan kembali ke Hajar Aswad. Dengan melakukan semua tata cara umrah yang benar, maka ibadah umrah Anda akan berjalan lancar dan Anda akan mendapatkan pahala yang berlimpah.

FAQs

Q. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan ibadah umrah?
A. Anda harus mempersiapkan dokumen pembuatan visa dan biaya umrah, pakaian dan perlengkapan umrah, uang muka dan uang saku, obat-obatan dan alat kesehatan, makanan dan minuman yang dibutuhkan saat berada di Tanah Suci.

BACA JUGA:   Daftar Agen Travel Umroh Resmi: Pilihan Terbaik untuk Ibadah Anda

Q. Apa yang harus dikatakan ketika berihram?
A. Ketika berihram, Anda harus mengucapkan kalimat persyaratan yaitu “Labbayka Allahumma Umrah”.

Q. Apa yang harus dikatakan ketika membaca kalimat talbiah?
A. Kalimat talbiah yang harus dibaca adalah “Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaika La Syarika Laka Labbaik, Innal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk, La Syarika Lak”.

Q. Apa yang harus dikatakan ketika melewati pintu Babussalam?
A. Ketika melewati pintu Babussalam, Anda harus mengucapkan kalimat berikut: “Bismillah, Allahu Akbar, La Illaha Illallah, Wallahu Akbar, La Illaha Illallah, Wallahu Akbar, La Illaha Illallah, Wallahu Akbar wa Lillahi Alhamd”.

Q. Apa yang harus dikatakan ketika melakukan tawaf?
A. Ketika melakukan tawaf, Anda harus mengucapkan kalimat berikut: “Aku mengerjakan ibadah haji dengan tujuan untuk mencintai dan menghormatiMu, wahai Tuhanku”.