Skip to content
Home » Memahami Visa Haji: Persyaratan Dan Prosesnya Untuk Menunaikan Ibadah Haji

Memahami Visa Haji: Persyaratan Dan Prosesnya Untuk Menunaikan Ibadah Haji

Apa itu visa haji?

Apa Itu Visa Haji?

Visa Haji adalah izin yang diberikan oleh kerajaan untuk memudahkan para calon jamaah mengikuti ibadah haji. Visa haji terbagi menjadi dua jenis yaitu Visa Furoda dan Visa Undangan. Visa Furoda adalah izin yang diberikan kepada para calon jamaah secara umum seluruh negara, sementara Visa Undangan adalah visa yang benar-benar khusus untuk tamu istimewa Kerajaan.

Persyaratan Visa Haji

Untuk memenuhi persyaratan Visa Haji, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut adalah hal-hal tersebut:

Paspor

Calon jamaah haji wajib memiliki paspor yang masih berlaku minimal satu tahun. Paspor harus mencantumkan nama lengkap, tanggal lahir, dan tempat lahir.

Foto

Calon jamaah haji juga harus memiliki foto berwarna berukuran paspor. Foto tersebut harus sesuai dengan persyaratan yaitu wajah harus jelas terlihat, tidak ada gangguan latar belakang, dan juga tidak boleh dipotong bagian pada wajah.

Surat Keterangan Sehat

Surat Keterangan Sehat juga wajib dimiliki oleh para calon jamaah haji. Surat keterangan ini harus dikeluarkan oleh dokter yang bersertifikat.

Laporan Keuangan

Calon jamaah haji juga harus menyertakan laporan keuangan dari bank. Laporan ini menunjukkan bahwa calon jamaah haji memiliki uang yang cukup untuk melakukan ibadah haji.

Pembayaran Paket Haji

Untuk Visa Furoda, calon jamaah harus membayar paket programnya seperti halnya jika kita mengikuti program Haji Reguler dan Haji Plus dengan kuota pemerintah. Namun untuk Visa Undangan, calon jamaah tidak perlu membayar biaya paket program.

Prosedur Pengurusan Visa Haji

Untuk memulai prosedur pengurusan Visa Haji, calon jamaah harus mengirimkan semua persyaratan yang telah disebutkan di atas kepada Kementerian Agama atau Departemen Haji. Setelah dokumen lengkap dan benar, calon jamaah akan mendapatkan izin Visa Haji.

BACA JUGA:   Kisah Nyata Haji Mabrur Sebelum Berangkat Haji

Kesimpulan

Visa Haji merupakan izin yang diberikan kepada para calon jamaah yang akan melakukan ibadah haji. Terdapat dua jenis Visa Haji yaitu Visa Furoda dan Visa Undangan. Untuk memenuhi persyaratan Visa Haji, calon jamaah harus memiliki paspor, foto, Surat Keterangan Sehat, laporan keuangan, dan membayar paket program. Setelah semua persyaratan dikumpulkan, calon jamaah akan mendapatkan izin Visa Haji. Selamat berhaji!