Skip to content
Home » Menanti Hingga 30 Tahun: Antrian Panjang untuk Menunaikan Ibadah Haji Reguler

Menanti Hingga 30 Tahun: Antrian Panjang untuk Menunaikan Ibadah Haji Reguler

Menanti Hingga 30 Tahun: Antrian Panjang untuk Menunaikan Ibadah Haji Reguler

Berapa Lama Antrian Haji Reguler?

Apa Itu Haji?

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim yang mampu, setidaknya sekali seumur hidupnya. Selain wajib, ibadah haji juga menjadi arahan dari Allah SWT dalam Al-Quran, “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah” (QS. Al-Baqarah: 196).

Berapa Banyak Umat Muslim yang Menunaikan Ibadah Haji?

Diperkirakan ada 2,5 juta umat muslim dari seluruh penjuru dunia yang berangkat ke tanah suci setiap tahunnya untuk menunaikan ibadah haji. Para jamaah haji berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Pakistan, India, Bangladesh, dan negara-negara Timur Tengah.

Bagaimana Cara Melakukan Ibadah Haji?

Ibadah haji terdiri atas beberapa tahapan, seperti thowaf, sai, wukuf, dan lain-lain. Setiap tahapan memiliki pelaksanaan yang berbeda-beda, tapi pada umumnya para jamaah haji akan berkumpul di Mina, Muzdalifah, dan Arafah untuk melakukan ibadah wukuf. Setelah itu, para jamaah haji akan kembali ke Mina untuk melempar jumrah dan melakukan thowaf Ifadhah.

Berapa Lama Antrian Haji Reguler?

Dalam pelaksanaannya, antrian haji dapat menunggu sampai 30 tahun lamanya dan yang paling cepat secara regular bisa memakan waktu hingga 15 tahun lamanya. Waktu yang dibutuhkan untuk menunaikan ibadah haji sangat tergantung pada kuota tahunan yang diberikan oleh pihak Kerajaan Arab Saudi dan jumlah pendaftar haji dari seluruh dunia.

Bagaimana Mendaftar Haji?

Pendaftaran haji dilakukan melalui Kementerian Agama. Umat Islam di Indonesia yang ingin mendaftar keberangkatan haji harus mendaftarkan diri melalui sistem Pendaftaran Haji Online (PHO). Pelaksanaan pendaftaran haji online ini bertujuan untuk mempermudah proses pendaftaran haji bagi calon jamaah haji dengan memanfaatkan teknologi informasi.

BACA JUGA:   Doa untuk Orang Berangkat Haji Mabrur

Bagaimana Biaya Ibadah Haji?

Biaya ibadah haji tergantung pada jenis paket yang dipilih oleh jamaah haji. Harga paket haji reguler sendiri saat ini berkisar antara 50-60 juta rupiah. Namun, biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dari pihak Kerajaan Arab Saudi.

Bagaimana Menyiapkan Diri untuk Haji?

Menunaikan ibadah haji membutuhkan persiapan matang dan cermat. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti kesehatan fisik, mental, dan spiritual. Kesehatan fisik harus terjaga dengan baik sehingga kegiatan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar. Disarankan juga untuk memperbaiki kualitas spiritual dengan berdoa, mengaji, dan banyak beribadah sebelum berangkat ke tanah suci.

Kesimpulan

Menunaikan ibadah haji adalah kewajiban bagi umat muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Walaupun antrian haji dapat memakan waktu hingga puluhan tahun, namun kebahagiaan dan keberkahan yang dirasakan saat menunaikan ibadah haji sangatlah luar biasa. Oleh karena itu, mari kita selalu memperbaiki diri dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan sukses.

  • Baca Juga: Berbeda Haji dan Umrah