Skip to content
Home » Mendaftar Haji 2012: Kapan Berangkatnya?

Mendaftar Haji 2012: Kapan Berangkatnya?

Mendaftar Haji merupakan salah satu ibadah yang sangat diidamkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Ibadah yang hanya dilakukan satu kali seumur hidup ini memang sangat istimewa. Sudah tentu, Anda ingin merasakan pengalaman yang sama. Tidak heran jika banyak umat muslim yang mencari informasi terkait mendaftar haji 2012 kapan berangkatnya.

Namun, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai hal tersebut, ada baiknya kita mengetahui apa itu haji. Haji merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat muslim yang sudah memiliki kemampuan finansial dan fisik. Ibadah ini dilakukan di Mekah dan sekitarnya dalam waktu yang telah ditentukan.

Tahapan Mendaftar Haji

Seseorang yang ingin mendaftar haji harus memenuhi beberapa persyaratan. Salah satunya adalah sudah baligh. Selain itu, calon jemaah harus memiliki kemampuan finansial dan fisik yang cukup. Setelah itu, calon jemaah harus mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut:

1. Pendaftaran

Pendaftaran haji dilakukan melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama atau lembaga resmi yang ditunjuk. Pendaftaran ini biasanya dilakukan beberapa tahun sebelum pelaksanaan haji.

2. Pembayaran

Setelah pendaftaran diterima, calon jemaah harus membayar biaya haji. Biaya ini tergantung pada jenis paket dan fasilitas yang diberikan.

3. Pemilihan Kelompok

Setelah pembayaran dilakukan, calon jemaah akan dipilih untuk bergabung dalam kelompok tertentu. Kelompok ini akan didampingi oleh seorang pemimpin rombongan atau musyrif.

4. Pelatihan

Sebelum berangkat, calon jemaah harus mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama atau lembaga resmi yang ditunjuk. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan selama beribadah di Mekah.

BACA JUGA:   Daftar Haji Istri Ikut KTP Suami - Panduan Lengkap untuk Anda

5. Pemberangkatan

Setelah semua persyaratan terpenuhi, calon jemaah akan diberangkatkan ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji.

Mendaftar Haji 2012 Kapan Berangkatnya?

Sekarang kita kembali ke topik utama, yaitu mendaftar haji 2012 kapan berangkatnya? Pada tahun 2012, jadwal pemberangkatan haji dibagi menjadi beberapa gelombang. Berikut adalah jadwal pemberangkatan haji pada tahun 2012:

Gelombang 1

Pemberangkatan pada gelombang ini dilakukan pada tanggal 17 September 2012.

Gelombang 2

Pemberangkatan pada gelombang ini dilakukan pada tanggal 25 September 2012.

Gelombang 3

Pemberangkatan pada gelombang ini dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2012.

Kesimpulan

Mendaftar haji memang membutuhkan persiapan yang matang. Namun, semua persiapan tersebut akan terbayar lunas dengan kebahagiaan dan kepuasan ketika beribadah di Mekah. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jadwal pemberangkatan haji agar tidak terlewatkan. Semoga informasi mengenai mendaftar haji 2012 kapan berangkatnya ini bermanfaat bagi Anda.