Skip to content
Home » Menelusuri Jejak Rasulullah Dan Mengisi Hati Dengan Ibadah: Pengalaman Berumroh Dan Aktivitas Yang Dilakukan

Menelusuri Jejak Rasulullah Dan Mengisi Hati Dengan Ibadah: Pengalaman Berumroh Dan Aktivitas Yang Dilakukan

Apa yang dilakukan saat umroh?

Apa yang Dilakukan Saat Umroh?

Umroh adalah salah satu perjalanan spiritual yang banyak orang lakukan. Umroh adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam. Sebelum melakukan ibadah umroh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Artikel ini akan membahas persiapan sebelum berihram dan tata cara umroh.

Persiapan Sebelum Berihram

Sebelum melakukan ibadah umroh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan.

Haji dan Umrah adalah ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan semuanya dengan baik.

Persiapan Sebelum Memulai Umroh

1. Dalil dari Al-Quran dan Hadits:

Sebelum memulai ibadah umroh, penting untuk mempelajari dalil-dalil dari Al-Quran dan Hadits. Oleh karena itu, membaca dan mempelajari dalil-dalil dari Al-Quran dan Hadits akan membantu Anda memahami tata cara ibadah umroh dengan benar.

2. Mempersiapkan Perlengkapan Umroh:

Selain mempersiapkan diri secara mental, juga penting untuk mempersiapkan semua perlengkapan yang diperlukan untuk melaksanakan ibadah umroh. Pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti pakaian ibadah, obat-obatan pribadi, dan peralatan lainnya.

3. Mempersiapkan Dokumen Umroh:

Setelah mempersiapkan perlengkapan, pastikan bahwa Anda juga sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan ibadah umroh. Persiapkan paspor, visa, dan dokumen lainnya sebelum berangkat.

Berihram

Setelah mempersiapkan diri, Anda bisa memulai proses berihram.

1. Berpakaian Ihram:

Sebelum memulai berihram, Anda harus berpakaian ihram. Pakaian ihram adalah pakaian yang bersih dan sederhana, tanpa aksesori atau pakaian lain. Pakaian ini harus dipakai sebelum memasuki area Miqat.

2. Kalimat Persyaratan:

Saat memasuki area Miqat, Anda harus mengucapkan kalimat persyaratan. Kalimat persyaratan ini adalah kalimat yang mengisyaratkan kepada Allah bahwa Anda sudah bersedia untuk melaksanakan ibadah umroh.

BACA JUGA:   Pendaftaran Umroh Ditutup Sementara oleh Arab Saudi

3. Kalimat Talbiah:

Setelah mengucapkan kalimat persyaratan, Anda harus mengucapkan kalimat talbiah. Kalimat talbiah atau labbaik adalah kalimat yang mengisyaratkan kepada Allah bahwa Anda akan melaksanakan ibadah umroh dengan tulus dan ikhlas.

Masuk Masjidil Haram

Setelah berihram, Anda bisa memulai perjalanan menuju Masjidil Haram.

1. Berdoa Saat Memasuki Masjidil Haram:

Saat memasuki Masjidil Haram, Anda harus memanjatkan doa kepada Allah. Doa ini akan menegaskan komitmen Anda untuk melaksanakan ibadah umroh dengan ikhlas dan tulus.

2. Menuju Ka’bah:

Setelah berdoa, Anda harus menuju Ka’bah. Ka’bah adalah pusat ibadah untuk umat Islam. Ka’bah adalah tempat kudus yang harus dihormati.

Menuju Hajar Aswad

Setelah sampai di Ka’bah, Anda harus menuju Hajar Aswad.

1. Berdoa Saat Mendekati Hajar Aswad:

Saat mendekati Hajar Aswad, Anda harus memanjatkan doa. Doa di sini dapat berupa ucapan syukur atas kesempatan yang diberikan Allah untuk melaksanakan ibadah umroh.

2. Mencium Hajar Aswad:

Setelah berdoa, Anda harus mencium Hajar Aswad. Mencium Hajar Aswad adalah salah satu cara untuk menyatakan komitmen Anda untuk melaksanakan ibadah umroh dengan ikhlas dan tulus.

Tawaf 7 Kali Putaran

Setelah mencium Hajar Aswad, Anda harus melakukan tawaf sebanyak tujuh kali putaran.

1. Berdoa Saat Memulai Tawaf:

Saat memulai tawaf, Anda harus memanjatkan doa. Doa di sini adalah doa yang mengungkapkan keinginan Anda untuk melaksanakan ibadah umroh dengan ikhlas dan tulus.

2. 7 Kali Putaran:

Setelah berdoa, Anda harus melakukan tawaf sebanyak tujuh kali putaran. Saat melakukan tawaf, Anda harus menghormati Ka’bah dan menghadapnya saat melakukan setiap putaran.

Kembali ke Hajar Aswad

Setelah melakukan tujuh kali putaran, Anda harus kembali ke Hajar Aswad.

BACA JUGA:   Aturan Hukum Pekerja Ibadah Umroh

1. Berdoa Saat Kembali ke Hajar Aswad:

Saat kembali ke Hajar Aswad, Anda harus memanjatkan doa. Doa di sini adalah doa yang mengungkapkan rasa syukur Anda kepada Allah atas kesempatan yang diberikan.

2. Mencium Hajar Aswad:

Setelah berdoa, Anda harus mencium Hajar Aswad. Mencium Hajar Aswad adalah salah satu cara untuk menyatakan komitmen Anda untuk melaksanakan ibadah umroh dengan ikhlas dan tulus.

3. Berdoa Saat Meninggalkan Hajar Aswad:

Saat meninggalkan Hajar Aswad, Anda harus memanjatkan doa. Doa di sini adalah doa yang mengungkapkan harapan Anda untuk diterima ibadah umroh Anda oleh Allah.

Kesimpulan

Ibadah umroh adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam. Sebelum melakukan ibadah umroh, penting untuk mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Persiapan-persiapan tersebut antara lain mempelajari dalil-dalil dari Al-Quran dan Hadits, mempersiapkan perlengkapan, mempersiapkan dokumen, dan berpakaian ihram. Setelah itu, Anda harus mengucapkan kalimat persyaratan dan kalimat talbiah. Setelah itu, Anda bisa memulai perjalanan menuju Masjidil Haram. Saat di Masjidil Haram, Anda harus menuju Ka’bah dan men