Skip to content
Home » Menelusuri Makna Dan Pentingnya Naik Haji

Menelusuri Makna Dan Pentingnya Naik Haji

Naik haji itu apa?

Naik Haji itu Apa?

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Haji tidak hanya sebatas ibadah yang mengandalkan keimanan batiniah, namun juga menuntut kesiapan fisik yang kuat. Terdapat tiga jenis haji yang dapat dipilih sebagai pelaksanaannya, yaitu haji Ifrad, Qiran dan Tamattu.

Haji Ifrad: Satu-satunya Kebutuhan Ibadah Haji

Haji Ifrad adalah jenis haji yang dilakukan dengan mengutamakan ibadah haji sebagai satu-satunya kebutuhan yang harus dipenuhi. Dalam pelaksanaannya, pemilik haji Ifrad harus berangkat ke tanah suci Mekah dalam keadaan ihram. Hal ini dilakukan dengan cara memakai pakaian ihram di tempat miqat, yaitu di sekitar Mekah.

Selanjutnya, pelaksana haji ifrad akan melakukan tahallul atau bebas dari ihram. Tahallul ini dilakukan setelah melaksanakan segala kewajiban ibadah haji. Setelah tahallul, pelaksana haji ifrad dapat menggunakan pakaian biasa dan berangkat dari tanah suci.

Haji Qiran: Memadukan Ibadah Umroh dan Haji

Haji Qiran adalah jenis haji yang menggabungkan ibadah umroh dan haji. Dalam pelaksanaannya, pemilik haji qiran harus berangkat ke tanah suci Mekah dalam keadaan ihram. Ihram ini dilakukan dengan cara memakai pakaian ihram di tempat miqat, yaitu di sekitar Mekah.

Selanjutnya, pelaksana haji qiran akan melakukan ibadah umrah terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah haji. Setelah ibadah umroh selesai dilakukan, pelaksana haji qiran menjalani ibadah haji seperti haji ifrad. Setelah ibadah haji selesai dilakukan, pelaksana haji qiran melakukan tahallul atau bebas dari ihram.

BACA JUGA:   Rukun Ibadah Haji dan Penjelasannya

Haji Tamattu: Memadukan Umroh dan Haji Plus Qurban

Haji Tamattu adalah jenis haji yang menggabungkan ibadah umroh, haji, dan qurban. Dalam pelaksanaannya, pemilik haji tamattu harus berangkat ke tanah suci Mekah dalam keadaan ihram. Ihram ini dilakukan dengan cara memakai pakaian ihram di tempat miqat, yaitu di sekitar Mekah.

Selanjutnya, pelaksana haji tamattu akan melakukan ibadah umrah terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah haji. Setelah selesai melakukan ibadah umrah, pelaksana haji tamattu melakukan tahallul atau bebas dari ihram. Setelah tahallul, pelaksana haji tamattu kembali memakai pakaian ihram dan melanjutkan ibadah haji. Selanjutnya, pelaksana haji tamattu akan melakukan qurban di Mina atau Arafah.

Kesimpulan

Haji merupakan rukun Islam ke lima yang wajib dilaksanakan umat muslim jika mampu. Terdapat tiga jenis haji yang dapat dipilih sebagai pelaksanannya, yaitu haji Ifrad, Qiran dan Tamattu. Haji Ifrad adalah jenis haji yang dilakukan dengan mengutamakan ibadah haji sebagai satu-satunya kebutuhan yang harus dipenuhi. Haji Qiran adalah jenis haji yang menggabungkan ibadah umroh dan haji, sedangkan Haji Tamattu adalah jenis haji yang menggabungkan ibadah umroh, haji, dan qurban. Masing-masing jenis haji ini memiliki tahapan yang harus dipenuhi sebelum melakukan tahallul atau bebas dari ihram.

Semoga informasi yang telah disampaikan di atas bisa menjawab pertanyaan Anda tentang naik haji. Selain itu, jangan lupa untuk mengatur segala persiapan Anda dengan baik sebelum berangkat haji. Jangan lupa juga untuk berdoa agar ibadah haji Anda diterima dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Amin.