Skip to content
Home » Menentukan Pilihan Busana Untuk Pelaksanaan Manasik Umroh Yang Nyaman Dan Memenuhi Syarat

Menentukan Pilihan Busana Untuk Pelaksanaan Manasik Umroh Yang Nyaman Dan Memenuhi Syarat

Manasik umroh pakai baju apa?

Manasik Umroh Pakai Baju Apa?

Perlu diketahui bahwa baju ihram adalah pakaian wajib bagi umat muslim yang memiliki niat untuk menjalankan ibadah haji dan umroh. Kita telah mengetahui bahwa salah satu syarat untuk melakukan ibadah haji dan umroh adalah mengenakan baju ihram. Bagaimana baju ihram itu? Apa warna baju yang disunahkan untuk kain ihram?

Kain Ihram dan Baju Ihram

Menurut pandangan ahlul hadits, kain ihram adalah selembar kain yang terbuat dari katun atau sutera yang tidak dicelup, dimanipulasi atau dipoles dengan zat kimia apapun. Kain ini harus dicuci dan dibersihkan dengan air. Kain ini harus dijahit menjadi dua segmen yang sama, yaitu bagian atas dan bagian bawah, dan setiap segmen dua segmen baju ihram ini dipasang pada setiap tangan dengan menggunakan ikatan, yang dilakukan sebelum melakukan talbiyah.

Warna Baju Ihram

Warna yang disunahkan untuk kain ihram adalah putih. Hal ini karena warna putih adalah warna yang mewakili kemurnian, dan kesucian selama melakukan ibadah haji dan umroh. Bukan hanya itu, warna putih juga mewakili kesamaan kedudukan di hadapan Allah, karena semua yang mengenakan baju ihram akan menjadi sama di hadapan Allah. Jadi, jangan heran apabila warna baju ihram yang sering kamu temui adalah putih ya!

Cara Memakai Baju Ihram

Cara memakai baju ihram sangat sederhana. Pertama, kamu harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu satu meter kain ihram dan dua buah ikatan. Kedua, kamu harus membersihkan kain ihram dengan mencucinya dengan air. Ketiga, setelah kain ihram kering, kamu harus menjahitnya menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah.

BACA JUGA:   Daftar Jamaah Umroh 2013 di Yogyakarta

Keempat, kamu harus mengenakan kain ihram tersebut di tubuhmu, dengan menggunakan ikatan untuk mengikat bagian atas dan bagian bawah baju. Kamu harus mengikat ikatan ini di atas punggung, dan mengikat ikatan lainnya di pinggang.

Kelima, kamu harus menutup kepala dan leher dengan selembar kain ihram yang tersisa, dengan cara membungkusnya di sekitar leher dan kepala. Setelah itu, kamu sudah selesai mengenakan baju ihram.

Penutup

Kini kamu sudah tahu cara memakai baju ihram. Sebelum kamu melakukan haji atau umroh, pastikan kamu sudah mempersiapkan kain ihram dan ikatan untuk mengenakannya. Jangan lupa, baju ihram yang disunahkan adalah baju berwarna putih. Selamat beribadah!

.