Skip to content
Home » Mengapa Imam Hanafi Membolehkan Zakat Fitrah dengan Uang

Mengapa Imam Hanafi Membolehkan Zakat Fitrah dengan Uang

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim pada bulan Ramadan. Zakat fitrah sendiri berarti zakat yang dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok atau bahan makanan lain. Namun, ada juga yang mengeluarkan zakat fitrah dengan uang. Pertanyaannya, apakah Imam Hanafi membolehkan zakat fitrah dengan uang?

Jawabannya, iya. Menurut Imam Hanafi, zakat fitrah bisa dikeluarkan dengan uang. Meskipun begitu, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan jika ingin mengeluarkan zakat fitrah dengan uang.

Pertaama, besaran uang yang disetarakan dengan zakat fitrah harus sama dengan nilai gandum atau makanan pokok lain yang biasa dikeluarkan sebagai zakat fitrah. Kedua, uang tersebut harus diberikan pada orang yang membutuhkan. Ketiga, uang tersebut harus diberikan sebelum shalat Idul Fitri dilaksanakan.

Imam Hanafi sendiri membolehkan zakat fitrah dengan uang karena adanya beberapa faktor. Pertama, uang lebih mudah dalam pengelolaannya. Bukan hanya itu, dengan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang, bisa memberikan pengaruh positif terhadap perekonomian. Selain itu, dengan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang, dapat memperbesar pilihan penerima zakat fitrah.

Namun, bagi sebagian masyarakat, mengeluarkan zakat fitrah dengan uang dinilai kurang menjunjung tinggi nilai-nilai syariat Islam. Oleh karena itu, sebagian masyarakat lebih memilih untuk mengeluarkan zakat fitrah dengan makanan pokok sesuai aturan yang diberikan.

Hal ini juga sesuai dengan salah satu hadits yang mengatakan bahwa Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tentu saja, makanan pokok lebih tepat dibandingkan memberikan nafkah yang dimakan oleh orang yang memberikannya.”

Namun, pada dasarnya pilihan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang atau makanan pokok merupakan hal yang mubah atau boleh dilakukan. Yang terpenting adalah tujuan dari zakat fitrah sendiri, yaitu untuk membantu mereka yang membutuhkan pada saat Ramadan.

BACA JUGA:   Kapan Waktu Mubah Membayar Zakat Fitrah

Dalam Islam, zakat fitrah merupakan salah satu bentuk ibadah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami aturan yang terkait dengan zakat fitrah. Jangan sampai salah dalam mengeluarkan zakat fitrah yang seharusnya bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang zakat fitrah.