Skip to content
Home » Mengapa Jika Melaksanakan Ibadah Umroh Bisa Menghapus Semua Dosa

Mengapa Jika Melaksanakan Ibadah Umroh Bisa Menghapus Semua Dosa

Banyak umat muslim yang bermimpi untuk bisa menunaikan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah di Arab Saudi. Selain sebagai salah satu rukun Islam, pada umroh juga bisa menghapus segala dosa. Tapi, mengapa ibadah umroh bisa menghapus dosa?

Pengertian Umroh

Sebelum membahas mengenai mengapa umroh bisa menghapus dosa, marilah kita mempelajari terlebih dahulu tentang pengertian umroh. Umroh adalah ibadah musim yang dilakukan oleh umat Islam dengan cara mengunjungi kota Mekkah dan Madinah di Arab Saudi dan melakukan rangkaian kegiatan ibadah Islam, seperti thawaf, sa’i dan taqbil.

Umroh sendiri tidak wajib hukumnya seperti haji, namun tetap menjadi ibadah yang sangat dihormati dan waktu pelaksanaannya dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan kesempatan dan kemampuan.

Mengapa Umroh Bisa Menghapus Dosa?

Selain untuk memperbanyak pahala, umat muslim yang menunaikan ibadah umroh juga diberikan pengampunan dosa oleh Allah SWT. Mengapa bisa demikian? Ada beberapa hadist yang menerangkan mengenai hal tersebut menurut pengertian yang berbeda-beda. Salah satunya adalah hadis riwayat Ahmad dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,

“Umroh ke umroh menghapuskan dosa di antara keduanya.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah).

Lalu musim yang pertama dan ke musim yang berikutnya itu sampai bulan-bulan antara keduanya Abu Hurairah meriwayatkan dari Rasulullah saw., sabda beliau: "Umrah ke umrah menghapuskan dosa apa yang di antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada balasan selain syurga." (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:   Hukum Ibadah Umroh Adalah: Pentingnya Melakukan Ibadah Umroh

Arti dari hadis di atas adalah ketika seseorang menunaikan ibadah umroh, maka Allah SWT akan memberikan ampunan bagi semua dosa yang pernah dilakukan oleh umat ini. Ini dikarenakan niat seseorang yang ikhlas dalam menunaikan ibadah umroh merupakan tanda kesadaran umat akan kesalahan-kesalahan yang pernah ia lakukan.

Manfaat Umroh Selain Pengampunan Dosa

Tidak hanya sekedar pengampunan dosa saja, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat ketika menunaikan ibadah umroh. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Dalam umroh, seseorang bisa lebih mengenal diri sendiri dan mendekatkan diri pada keimanan kepada Allah SWT. Dengan demikian, ibadah umroh diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang pada Sang Pencipta.

Belajar Mandiri dan Sabar

Selama menunaikan ibadah umroh, kita akan ditempatkan di lingkungan yang berbeda dan mengharuskan kita melepaskan kenyamanan yang biasa kita nikmati sehari-hari. Hal ini mendorong seseorang untuk belajar mandiri dan sabar dalam menghadapi berbagai kendala yang cukup sulit di tengah perjalanan ibadah.

Memperkuat Silaturahmi

Umroh adalah momen yang tepat bagi umat muslim untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan muslim lain dari berbagai negara. Berbagai kegiatan yang dilakukan selama umroh, seperti thawaf, sa’i dan tawaf wada juga bisa menjadi ajang bertemu dan menguatkan silaturahmi antar sesama muslim.

Meningkatkan Kepedulian Sosial

Saat menunaikan umroh, kita juga dapat melihat langsung bagaimana kondisi masyarakat di Mekkah dan Madinah serta mengenal berbagai permasalahan yang terjadi. Hal ini bisa bermanfaat sebagai pembelajaran dan meningkatkan kepedulian sosial bagi umat muslim.

Kesimpulan

Menunaikan ibadah umroh merupakan pilihan terbaik bagi umat muslim untuk memperbanyak pahala dan menghapuskan dosa-dosa yang telah dilakukan. Selain itu, umroh juga memiliki manfaat lain yang sangat berguna bagi umat muslim dalam meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan kepedulian sosial. Oleh karena itu, untuk umat muslim yang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menunaikan umroh, tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA:   Doa-Doa dalam Ibadah Umroh