Skip to content
Home ยป Mengapa Kita Harus Mengeluarkan Zakat Fitrah Setiap Bulan Ramadhan

Mengapa Kita Harus Mengeluarkan Zakat Fitrah Setiap Bulan Ramadhan

Pengantar

Ramadhan merupakan bulan yang sakral bagi umat muslim seantero dunia karena menjadi momentum untuk meningkatkan ibadah dan amal kebaikan serta memperbaiki diri agar lebih baik. Selain meningkatkan ibadah, bulan Ramadhan juga identik dengan amal kebaikan seperti menunaikan zakat fitrah. Maka, mari mengulik pentingnya kita mengeluarkan zakat fitrah setiap tahun.

Apa itu Zakat Fitrah?

Zakat fitrah atau yang juga dikenal dengan zakat fitri adalah zakat yang dibayar pada bulan Ramadhan sebagai tanda syukur atas nikmat selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Zakat fitrah wajib dibayar oleh setiap orang islam yang telah mencapai syarat tertentu.

Kenapa Kita Harus Mengeluarkan Zakat Fitrah?

  1. Menunjukkan rasa syukur

Dalam membayar zakat fitrah, kita menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Nikmat tersebut adalah berkahnya dapat melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh dan merasa bahagia karena telah membantu sesama yang membutuhkan.

  1. Meratakan kesempatan

Zakat fitrah dapat menyeimbangkan kesempatan yang ada, sehingga setiap muslim yang berada di lingkungannya dapat menikmati nikmat sebesar-besarnya dan menjalankan ibadah puasanya dengan tenang tanpa khawatir tidak memiliki uang untuk membeli makanan pada Hari Raya Idul Fitri.

  1. Membantu orang yang membutuhkan

Zakat fitrah juga bermanfaat untuk membantu orang yang membutuhkan. Banyak dari mereka yang sangat membutuhkan sajian makanan di saat hari raya. Dengan zakat fitrah, kita dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan di sekitar kita.

  1. Meningkatkan persaudaraan

Zakat fitrah juga dapat meningkatkan persaudaraan antar umat muslim. Kita berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan sehingga akan terbentuk sebuah persaudaraan yang erat dan mendalam.

BACA JUGA:   Apa Pengertian Zakat Secara Bahasa dan Istilah?

Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah?

  1. Tentukan jumlah zakat fitrah yang akan dikeluarkan sesuai dengan kadar nilai yang telah ditetapkan oleh masing-masing daerah.

  2. Mintalah pihak yang dipercayai untuk menyalurkan zakat fitrah tersebut pada orang yang membutuhkan.

  3. Setelah menyalurkan zakat fitrah, mantapkan niat bahwa zakat fitrah tersebut merupakan sebuah pengabdian dan doa dalam diri kita.

Kesimpulan

Mengeluarkan zakat fitrah merupakan sebuah ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Kita selaku umat muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah setiap tahun pada bulan Ramadhan. Dalam mengeluarkan zakat fitrah tersebut, kita menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, menyeimbangkan kesempatan yang ada, membantu orang yang membutuhkan, dan meningkatkan persaudaraan antar umat muslim. Oleh karena itu, marilah kita laksanakan kewajiban kita sebagai umat muslim dengan sebaik-baiknya.