Skip to content
Home » Mengapa Menunggu Lama Untuk Naik Haji? Ini Dia Penjelasannya

Mengapa Menunggu Lama Untuk Naik Haji? Ini Dia Penjelasannya

Kenapa naik haji harus menunggu lama?

Kenapa Naik Haji Harus Menunggu Lama?

Kasubdit Siskohat Ditjen PHU, Hasan Afandi, menjelaskan bahwa lamanya masa tunggu antrian haji disebabkan bilangan pembagi daftar tunggunya berdasarkan pada kuota haji setiap tahunnya. Semakin berkurang kuota yang ditetapkan, maka semakin lama pula masa tunggunya. Lantas bagaimana dengan kuota haji tahun 2023?

Kuota Haji Tahun 2023

Kuota haji tahun 2023 akan ditentukan oleh pemerintah berdasarkan jumlah calon haji yang telah mendaftar. Berdasarkan data yang disediakan oleh Departemen Agama, jumlah pendaftar haji pada tahun 2020 adalah sekitar 2.9 juta jemaah. Kuota haji untuk tahun 2021 adalah sekitar 200.000 orang. Kuota untuk tahun 2022 tidak ditentukan dan akan ditentukan berdasarkan jumlah pendaftar. Kuota haji untuk tahun 2023 akan ditentukan pada akhir tahun 2022.

Mengapa Masa Tunggu Haji Lama?

Masa tunggu haji ditentukan oleh jumlah calon haji yang mendaftar. Kuota haji yang ditetapkan pemerintah tidak dapat melebihi jumlah calon haji yang terdaftar. Oleh karena itu, masa tunggu untuk memulai ibadah haji menjadi lebih lama dari tahun ke tahun.

Selain itu, masa tunggu juga dipengaruhi oleh tingkat persedian tempat di Mekkah dan Madinah. Jumlah tempat yang tersedia untuk jemaah haji tidak bisa menampung semua calon haji yang mendaftar. Hal ini menyebabkan jadwal haji dipenuhi lebih cepat dari yang diantisipasi.

Kebijakan Pemerintah

Untuk mengatasi masalah masa tunggu haji yang lama, pemerintah telah menerapkan beberapa kebijakan. Salah satunya adalah pembatasan kuota haji. Pemerintah telah mengurangi jumlah calon haji yang dapat mendaftar dari tahun ke tahun.

Selain itu, pemerintah juga telah menerapkan berbagai program untuk memudahkan jemaah haji yang ingin berangkat. Salah satunya adalah program vaksinasi gratis untuk jemaah haji. Program ini dimaksudkan untuk membantu jemaah haji yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli vaksin.

BACA JUGA:   Penyebab Naiknya Biaya Haji: Faktor Ekonomi Dan Peningkatan Pelayanan Yang Bermutu

Kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah telah membantu mengurangi masa tunggu antrian haji. Namun, masih ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mengurangi masa tunggu haji, seperti meningkatkan jumlah tempat yang tersedia untuk jemaah haji, dan memperbaiki sistem pengelolaan antrian haji.

Kesimpulan

Masa tunggu haji adalah hal yang wajar dan harus dihadapi oleh setiap calon jemaah haji. Jumlah calon haji yang mendaftar dan kuota haji yang ditetapkan pemerintah adalah faktor utama yang mempengaruhi masa tunggu haji. Untuk mengurangi masa tunggu haji, pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan dan program, namun masih ada banyak hal yang harus dilakukan. Dengan meningkatkan jumlah tempat yang tersedia untuk jemaah haji dan memperbaiki sistem pengelolaan antrian haji, masa tunggu haji dapat dikurangi.