Skip to content
Home » Mengapa Zakat Itu Diwajibkan dalam Agama Islam? Jelaskan

Mengapa Zakat Itu Diwajibkan dalam Agama Islam? Jelaskan

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap umat muslim yang mampu. Zakat sendiri berasal dari kata "zaka" yang berarti penyucian harta. Dalam Islam, zakat memiliki fungsi yang sangat penting dan diwajibkan bagi umat muslim sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Arti Zakat dalam Islam

Zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam untuk membayar sebagian harta mereka kepada orang-orang yang membutuhkan. Zakat sendiri dapat diartikan sebagai keharusan untuk berbagi dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang yang membutuhkan. Dalam Islam, zakat dianggap sebagai amal yang sangat baik dan dijamin membawa banyak keberkahan.

Alasan Mengapa Zakat Diwajibkan Dalam Agama Islam

Ada beberapa alasan mengapa zakat diwajibkan dalam agama Islam, diantaranya:

1. Mempererat Persaudaraan Umat Islam

Zakat mampu mempererat persaudaraan umat Islam dengan cara membantu sesama muslim yang membutuhkan. Dengan membayar zakat, orang yang memilikinya bisa membantu orang lain yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan finansial. Hal ini dapat menggugah rasa empati dan saling peduli dalam diri umat Islam serta memperkuat hubungan kekeluargaan berdasarkan iman.

2. Menjadi Bentuk Ketaatan Kepada Allah SWT

Zakat diwajibkan dalam agama Islam sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Umat Islam yang memenuhi kewajiban membayar zakat dianggap sebagai orang yang taat kepada Allah SWT serta menunjukkan keimanan dan ketaqwaannya. Dengan membayar zakat, orang akan merasa lebih dekat dengan Allah dan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.

BACA JUGA:   Kapan Zakat Mal Harus Dibayarkan

3. Mengurangi Ketimpangan Sosial

Dalam masyarakat, tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih hidup yang sejahtera. Oleh karena itu, zakat diwajibkan sebagai sumber bantuan untuk mereka yang kurang mampu. Dengan membayar zakat, umat Islam dapat membantu orang yang lebih membutuhkan agar bisa meraih kehidupan yang lebih baik dan adil.

4. Membersihkan jiwa dan harta

Zakat diwajibkan sebagai bentuk penyucian harta dan jiwa dalam agama Islam. Dengan membayar zakat, umat Islam dapat membersihkan harta mereka dari sifat-sifat serakah dan menolong orang yang membutuhkan. Selain itu, membayar zakat juga membantu membersihkan jiwa dari sifat-sifat kebencian, iri hati, dan keserakahan.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, zakat diwajibkan sebagai bentuk kebaikan dan ketaatan kepada Allah SWT. Selain itu, zakat juga memiliki banyak manfaat bagi keseimbangan sosial dan ekonomi dalam masyarakat. Oleh karena itu, setiap orang yang memenuhi syarat diwajibkan untuk membayar zakat sebagai bentuk amal dan kebaikan kepada sesama umat Islam.