Skip to content
Home » Mengawali Perjalanan Umroh Dengan Sholat, Mengapa Penting Dilakukan?

Mengawali Perjalanan Umroh Dengan Sholat, Mengapa Penting Dilakukan?

Sebelum berangkat umroh sholat apa dulu?

Sebelum Berangkat Umroh Sholat Apa Dulu?

Ibadah haji dan umroh adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim. Dalam rangka menyempurnakan ibadah haji dan umroh, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah sholat sunnah ihram.

Apa Itu Sholat Sunnah Ihram?

Sholat sunnah ihram adalah sholat sunnah yang dilakukan saat memulai perjalanan ibadah haji dan umroh. Sholat sunnah ihram terdiri dari 2 rakaat, yang dilakukan dengan niat khusus yaitu niat untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh.

Kapan Sholat Sunnah Ihram Harus Dilakukan?

Kapan pun sebelum berangkat menuju lokasi ibadah haji atau umroh, sholat sunnah ihram harus dilakukan. Jika Anda menggunakan pesawat, maka sholat sunnah ihram perlu dilakukan sebelum berangkat menuju bandara. Jika Anda bepergian dengan kendaraan lain, maka sholat sunnah ihram perlu dilakukan sebelum berangkat.

Bagaimana Cara Melakukan Sholat Sunnah Ihram?

Tata Cara Sholat Sunnah Ihram:

  • Berwudhu dengan benar.
  • Berdiri di tempat yang suci, seperti di masjid, di depan Ka’bah, di tanah suci Makkah, dan tempat-tempat ibadah yang lain.
  • Membaca niat sholat ihram.
  • Membaca doa iftitah.
  • Membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.
  • Rukuk dan sujud sebanyak dua kali.
  • Melakukan salam setelah selesai melakukan sholat.

Apa Manfaat Sholat Sunnah Ihram?

Sholat sunnah ihram memiliki manfaat yang besar. Selain untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat menuju tempat ibadah haji dan umroh, sholat sunnah ihram juga membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang. Dengan memperbanyak sholat sunnah ihram, seseorang akan mampu meningkatkan kualitas ibadahnya selama di tanah suci.

BACA JUGA:   Sholat Sunnah Setara Ibadah Umroh

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Sholat Sunnah Ihram?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan sholat sunnah ihram, antara lain:

  • Sholat sunnah ihram hanya berlaku saat berangkat menuju tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh.
  • Sholat sunnah ihram hanya dilakukan sebanyak dua rakaat, dengan niat sholat sunnah ihram.
  • Sholat sunnah ihram dapat dilakukan oleh seseorang yang akan melakukan ibadah haji atau umrah, baik berjamaah maupun sendiri.
  • Sholat sunnah ihram dapat berubah sesuai dengan keadaan dan kondisi yang ada, seperti sholat sunnah ihram dapat diganti dengan sholat dhuha atau sholat tahajud.
  • Selain sholat sunnah ihram, ada juga sholat sunnah haji yang perlu dilakukan selama di tanah suci.

Sholat sunnah ihram adalah sholat sunnah yang wajib dilakukan oleh seseorang yang akan melakukan ibadah haji atau umroh. Dengan melakukan sholat sunnah ihram, seseorang akan terhindar dari rasa takut dan cemas saat berangkat ke tanah suci. Sholat sunnah ihram juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang selama beribadah di tanah suci. Oleh karena itu, sebelum berangkat menuju lokasi ibadah haji atau umroh, sholat sunnah ihram perlu dilakukan dengan baik dan benar.