Skip to content
Home » Mengenal Doa Tilik Calon Haji dan Cara Membacanya

Mengenal Doa Tilik Calon Haji dan Cara Membacanya

Sebagai seorang muslim, pergi berhaji adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat ditunggu-tunggu. Setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik diharapkan untuk melaksanakan ibadah haji sekali seumur hidup. Agar ibadah haji berjalan lancar, ada banyak persiapan yang perlu dilakukan, salah satunya adalah dengan membaca doa tilik calon haji.

Doa tilik calon haji adalah doa yang dibacakan sebelum seseorang berangkat berhaji. Tujuannya adalah untuk memohon perlindungan dan keselamatan selama perjalanan haji, serta memohon agar ibadah haji yang dilaksanakan diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa tilik calon haji yang sebaiknya dibaca sebelum berangkat:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجِّي مَبْرُورًا وَسَعْيَيْ مَشْكُورًا وَذَنْبِي مَغْفُورًا وَعَمَلِي مَقْبُولًا وَرِزْقِي مَوْسُوْمًا

"Allohumma ij’al hajji mabrûran wa sa’yiya mashkûran wa dhanbî maghfûran wa ‘amalî maqbûlan wa rizqî mawsuman"

Artinya: Ya Allah, jadikanlah hajiku diterima, sa’yiku diampuni, dosaku diampuni, amalanku diterima, serta rizkiku teratur.

Selain memperdalam pemahaman tentang doa tilik calon haji, penting juga untuk mengetahui cara membacanya yang benar. Berikut adalah cara membacanya:

  1. Membaca doa tilik calon haji sebanyak tiga kali sebelum berangkat ke Tanah Suci.
  2. Membaca doa dengan khusyuk dan ikhlas, serta memperhatikan arti dari setiap kata yang diucapkan.
  3. Membaca doa dalam kondisi suci dan berwudhu.

Dalam membaca doa tilik calon haji, sebaiknya kita juga memperhatikan arti setiap kata dan kalimat yang diucapkan. Dengan memahami makna dari doa tersebut, kita akan semakin merasa yakin dan percaya bahwa ibadah haji yang kita jalani akan diterima oleh Allah SWT.

Kesimpulannya, doa tilik calon haji adalah doa yang sangat penting dibaca sebelum berangkat ke Tanah Suci. Selain membaca doa, kita juga harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental agar ibadah haji berjalan lancar. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi saudara-saudara muslim yang akan pergi berhaji.

BACA JUGA:   Doa-Doa Ibadah Haji: Panduan Lengkap Berhaji