Skip to content
Home » Mengenal Durasi Haji Plus hingga Masa Tunggu 5-9 Tahun: Apa yang Perlu Diketahui?

Mengenal Durasi Haji Plus hingga Masa Tunggu 5-9 Tahun: Apa yang Perlu Diketahui?

Mengenal Durasi Haji Plus hingga Masa Tunggu 5-9 Tahun: Apa yang Perlu Diketahui?

Berapa Lama Durasi Haji Plus?

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Haji Plus atau biasa disebut dengan haji reguler, merupakan jenis haji yang dilaksanakan dengan menggunakan travel atau agen perjalanan haji. Namun, berapa lama durasi haji Plus sebenarnya?

Tidak seperti haji furoda yang tidak perlu antre, haji Plus tetap memiliki masa tunggu sekitar 5-9 tahun. Hal ini tentunya disebabkan karena jumlah pelamar yang lebih banyak dibanding kuota haji tahunan yang terbatas. Selain itu, banyaknya peminat haji Plus juga membuat pemerintah Arab Saudi menerapkan aturan kuota untuk travelers yang ingin melaksanakan haji Plus.

Sehingga, meskipun haji Plus terbilang lebih cepat jadwalnya dibanding haji furoda, namun masa tunggunya cukup lama. Biasanya, jangka waktu tunggu haji Plus ini disebut dengan waiting list.

Kuota haji tahunan yang diterapkan oleh Kementerian Agama Indonesia juga menjadi salah satu faktor penentu masa tunggu dari haji Plus. Karena jumlah kuota yang terbatas, maka akan banyak pelamar yang harus menunggu hingga beberapa tahun untuk bisa melaksanakan ibadah haji tersebut.

Selain itu, sistem pengundian juga menjadi salah satu faktor penentu bagi travelers yang ingin mendaftar haji Plus. Biasanya, sistem pengundian ini digunakan oleh agen haji sebagai acuan dalam menentukan urutan pelamar yang bisa berangkat ke tanah suci.

Namun, meskipun masa tunggu dari haji Plus tergolong lama, namun banyak travelers yang tetap memilih jenis haji ini karena lebih mudah, aman, dan terorganisir. Terlebih, banyaknya fasilitas yang disediakan oleh agen perjalanan haji membuat perjalanan para travelers semakin nyaman selama melakukan ibadah haji.

BACA JUGA:   Doa untuk Orang Haji Nu

Sebagai seorang muslim, melakukan ibadah haji merupakan suatu kewajiban yang sangat penting dalam menegakkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, apapun jenis haji yang ingin dilakukan, sebaiknya kita siapkan diri dengan baik.

Beberapa Tips untuk Mempercepat Masa Tunggu Haji Plus

Bagi travelers yang ingin segera melaksanakan haji Plus, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mempercepat masa tunggu:

  • Pilihlah agen haji yang terpercaya dan memiliki izin resmi dari pemerintah
  • Cek jadwal pendaftaran haji Plus setiap tahunnya
  • Siapkan segala persyaratan yang dibutuhkan dengan lengkap
  • Perbanyak doa kepada Allah SWT agar selalu diberikan kemudahan dalam mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, diharapkan travelers bisa mempercepat masa tunggu haji Plus dan segera meraih kesempatan untuk melaksanakan ibadah yang mulia tersebut.

Kesimpulan

Dalam melakukan haji Plus, travelers harus sabar dan mengikuti peraturan yang berlaku. Meskipun masa tunggu nya cukup lama, namun hal tersebut tidak mengurangi makna dari ibadah yang dilaksanakan. Semoga ibadah haji yang kita lakukan senantiasa diterima oleh Allah SWT, aamiin.