Skip to content
Home » Mengenal Larangan-Larangan Haji Bagi Laki-Laki yang Perlu Diperhatikan Selama Menunaikan Ibadah

Mengenal Larangan-Larangan Haji Bagi Laki-Laki yang Perlu Diperhatikan Selama Menunaikan Ibadah

Mengenal Larangan-Larangan Haji Bagi Laki-Laki yang Perlu Diperhatikan Selama Menunaikan Ibadah

Apa saja larangan haji bagi laki-laki?

Pengertian Ihram dalam Rangka Haji Bagi Laki-laki

Sebelum membahas tentang larangan haji bagi laki-laki, mari kita bahas terlebih dahulu tentang ihram. Ihram adalah sebuah tindakan atau potongan rambut pada kepala dan rambut kemaluan yang mengharuskan seorang laki-laki dan juga perempuan muslimah yang sudah pubertas untuk melakukan rangkaian ibadah haji dan umrah. Ketika sudah dalam keadaan ihram, ada beberapa larangan haji bagi laki-laki dan perempuan yang harus dipatuhi.

Larangan yang Harus Dipatuhi oleh Laki-laki dalam Keadaan Ihram

Pada saat memasuki ihram, laki-laki harus memenuhi sejumlah aturan dan larangan. Aturan dan larangan ihram bertujuan untuk menciptakan ketenangan, kedamaian, dan kesederhanaan saat menjalankan ibadah haji dan umrah. Berikut ini adalah beberapa larangan haji bagi laki-laki yang harus dipatuhi:

  1. Tidak Boleh Memotong Rambut dan Kuku
  2. Saat dalam keadaan ihram, laki-laki dilarang memotong rambut dan kuku. Mereka hanya diperbolehkan memotong kuku jika sudah keluar dari keadaan ihram. Larangan ini bertujuan untuk menghindari tindakan yang dapat merusak keutuhan tubuh manusia.

  3. Tidak Boleh Mengenakan Wewangian
  4. Laki-laki yang sudah memasuki keadaan ihram, dilarang mengenakan wewangian seperti parfum, minyak wangi, atau deodoran. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman tanpa adanya bau-bauan yang mengganggu.

  5. Tidak Boleh Membunuh Binatang Buruan
  6. Laki-laki yang dalam keadaan ihram dilarang untuk membunuh binatang buruan, termasuk ikan. Larangan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan alam dan mencegah kegiatan yang dapat merusak lingkungan.

  7. Tidak Boleh Meminang
  8. Laki-laki dalam keadaan ihram dilarang untuk meminang atau melakukan pernikahan. Hal ini bertujuan untuk menekankan fokus pada ibadah dan meningkatkan kekhusyukan dalam menjalankan rangkaian ibadah haji dan umrah.

  9. Tidak Boleh Menjadi Wali Nikah
  10. Selain dilarang meminang, laki-laki dalam keadaan ihram juga dilarang menjadi wali nikah atau memproses pernikahan. Hal ini bertujuan untuk mendukung fokus dalam menjalankan ibadah haji dan umrah yang ada.

  11. Tidak Boleh Berhubungan Suami Istri
  12. Laki-laki dalam keadaan ihram juga dilarang untuk melakukan hubungan suami istri. Hal ini bertujuan untuk menjaga kekhusyukan dan meningkatkan fokus dalam menjalankan rangkaian ibadah haji dan umrah.

  13. Tidak Boleh Mengenakan Pakaian yang Berjahit
  14. Laki-laki dalam keadaan ihram harus mengenakan pakaian ihram yang biasa disebut “kain ihram”. Pakaian ini tidak boleh memiliki jahitan atau sulaman pada bagian tubuh yang menutupi aurat. Pakaian ini dipilih karena bernilai sederhana dan mudah digunakan, sehingga menghindarkan laki-laki dari rasa kebanggaan atau kesombongan.

  15. Tidak Boleh Menutup Kepala
  16. Selain pakaian ihram, laki-laki dalam keadaan ihram dilarang menutup bagian kepala dengan menggunakan topi atau sorban. Hal ini bertujuan membawa kesederhanaan dan mengingatkan bahwa semua manusia adalah sama di hadapan Allah.

  17. Tidak Boleh Menutup Kaki dengan Sepatu
  18. Laki-laki dalam keadaan ihram juga tidak diperbolehkan menutup seluruh bagian kaki dengan menggunakan sepatu. Untuk itu, sebaiknya laki-laki memakai sandal agar bagian atas kaki terbuka dan mudah diudara.

BACA JUGA:   Pelunasan Biaya Haji: Berapa yang Harus Dibayar oleh Jemaah Haji yang Menunda Keberangkatan ke Tahun 2022 dan 2023?

Bagi laki-laki yang menjalankan rangkaian ibadah haji dan umrah, larangan-larangan tersebut harus dipatuhi secara ketat. Dengan mematuhi larangan-larangan tersebut, diharapkan laki-laki dapat menjaga kualitas ibadah dan memperoleh manfaat spiritual yang maksimal. Oleh karena itu, sebagai jemaah yang ingin menjalankan rangkaian ibadah haji dan umrah, pahami dan patuhi dengan sungguh-sungguh semua larangan haji bagi laki-laki yang telah disebutkan di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin lebih memahami tentang apa saja larangan haji bagi laki-laki.