Skip to content
Home » Mengenal Rincian Biaya Naik Haji 2023: Persiapan Ke Tanah Suci Yang Tepat!

Mengenal Rincian Biaya Naik Haji 2023: Persiapan Ke Tanah Suci Yang Tepat!

Berapa Ongkos Naik haji 2023?

Berapa Ongkos Naik Haji 2023?

Kementerian Agama telah mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 1444 H/2023 M sebesar Rp69.193.733,60. Ini adalah 70% dari usulan rata-rata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang mencapai Rp98.893.909,11.

Haji adalah salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh umat Muslim yang mampu. Setiap tahun, sejumlah orang yang mampu melakukan ibadah haji ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Banyak orang yang tertarik untuk melaksanakan ibadah haji, tetapi tidak semuanya mampu untuk melakukannya. Pada tahun 2020 saja, sejumlah 17.000 jemaah haji Indonesia telah terdaftar.

Biaya perjalanan ibadah haji atau BPIH merupakan salah satu biaya yang harus dikeluarkan oleh jemaah haji. Biaya ini harus dibayarkan oleh jemaah haji sebelum mereka melaksanakan ibadah haji. Biaya perjalanan ibadah haji yang dibayarkan oleh jemaah haji ditentukan oleh pemerintah setiap tahunnya.

Kementerian Agama telah mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 1444 H/2023 M sebesar Rp69.193.733,60. Ini adalah 70% dari usulan rata-rata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang mencapai Rp98.893.909,11. Oleh karena itu, jemaah haji diharapkan untuk melakukan persiapan dengan baik dan menyiapkan biaya yang dibutuhkan.

Komponen Biaya Perjalanan Ibadah Haji

Biaya perjalanan ibadah haji terdiri dari beberapa komponen, seperti berikut:

  • Biaya penerbangan. Biaya penerbangan yang harus dikeluarkan oleh jemaah haji adalah biaya yang paling mahal. Biaya ini ditentukan oleh maskapai penerbangan yang dipilih oleh jemaah haji. Untuk biaya penerbangan, jemaah haji dapat membayar lebih dari Rp20.000.000 per orang.
  • Biaya akomodasi. Biaya akomodasi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh jemaah haji untuk menyewa akomodasi selama ibadah haji. Biaya akomodasi ini dapat berbeda-beda untuk setiap jemaah haji.
  • Biaya transportasi. Biaya transportasi selama ibadah haji adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh jemaah haji untuk menggunakan transportasi selama ibadah haji. Biaya transportasi ini dapat berbeda-beda untuk setiap jemaah haji.
  • Biaya makan. Biaya makan adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh jemaah haji untuk makan selama ibadah haji. Biaya makan ini dapat berbeda-beda untuk setiap jemaah haji.
  • Biaya lainnya. Biaya lainnya adalah biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan oleh jemaah haji selama ibadah haji. Biaya-biaya ini dapat berbeda-beda untuk setiap jemaah haji.
BACA JUGA:   Daftar Pembayaran Jamaah Haji 2018

Selain biaya-biaya di atas, jemaah haji juga harus membayar biaya kepulangan. Biaya kepulangan adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh jemaah haji untuk kembali ke Indonesia. Biaya ini ditentukan oleh maskapai penerbangan yang dipilih oleh jemaah haji.

Cara Mempersiapkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh jemaah haji untuk mempersiapkan biaya perjalanan ibadah haji, di antaranya:

  • Menabung. Jemaah haji dapat memulai menabung sejak jauh-jauh hari sebelum ibadah haji. Dengan menabung, jemaah haji dapat menyusun rencana keuangan yang tepat dan mengatur anggaran yang dibutuhkan untuk biaya perjalanan ibadah haji.
  • Meminjam dana. Jemaah haji juga dapat meminjam dana untuk membiayai biaya perjalanan ibadah haji. Jika jemaah haji memutuskan untuk meminjam dana, maka jemaah haji harus memastikan bahwa dana yang dipinjam dapat dikembalikan dengan tepat waktu.
  • Menggunakan kartu kredit. Jemaah haji juga dapat menggunakan kartu kredit untuk membiayai biaya perjalanan ibadah haji. Namun, jemaah haji harus memastikan bahwa biaya yang dibayarkan melalui kartu kredit dapat dibayar kembali dalam waktu yang ditentukan.
  • Membayar melalui layanan penyelenggara ibadah haji. Jemaah haji juga dapat membayar biaya perjalanan ibadah haji melalui layanan penyelenggara ibadah haji. Layanan ini dapat membantu jemaah haji untuk membayar biaya dengan cara yang mudah dan efisien.
  • Membayar melalui asuransi ibadah haji. Jemaah haji juga dapat membayar biaya perjalanan ibadah haji melalui asuransi ibadah haji. Asuransi ini dapat membantu jemaah haji untuk mengurangi risiko yang terkait dengan biaya perjalanan ibadah haji.

Tips Mempersiapkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh jemaah haji untuk mempersiapkan biaya perjalanan ibadah haji, di antaranya: