Skip to content
Home » Mengenal Rukun Dan Wajib Umroh: Persiapan Penting Sebelum Menunaikan Ibadah Umroh

Mengenal Rukun Dan Wajib Umroh: Persiapan Penting Sebelum Menunaikan Ibadah Umroh

Apa saja rukun dan wajib umroh?

Apa saja Rukun dan Wajib Umroh?

Semua kegiatan pasti dimulai dengan niat, termasuk ibadah umroh. Niat merupakan langkah awal dalam melakukan ibadah. Sebelum melakukan ibadah umroh, seseorang harus mengucapkan niat umroh secara lisan ataupun diam. Setelah mengucapkan niat, berikut ini adalah rukun dan wajib umroh.

1. Niat/Ihram

Sebelum melakukan ibadah umroh, seseorang harus mengucapkan niat umroh dengan tegas, baik lisan ataupun diam. Niat umroh harus disertai dengan kesadaran yang tinggi bahwa seseorang akan bertindak berdasarkan hukum syariat.

2. Tawaf

Rukun umroh selanjutnya adalah tawaf. Tawaf merupakan salah satu rukun umroh yang harus dilakukan oleh setiap jamaah umroh. Tawaf diwajibkan bagi setiap muslim yang melakukan umroh. Tawaf berarti berjalan di sekitar Ka’bah 7 kali.

3. Sa’i

Selanjutnya adalah sa’i. Sa’i adalah salah satu rukun umroh yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang melakukan umroh. Sa’i berarti berjalan kaki antara Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Sa’i diwajibkan bagi setiap jamaah umroh.

4. Tahallul

Rukun umroh yang berikutnya adalah Tahallul. Tahallul berarti menghilangkan ihram, yaitu mencukur atau memotong rambut. Tahallul dilakukan setelah melakukan tawaf dan sa’i. Tahallul diwajibkan bagi setiap jamaah umroh.

5. Tertib

Tertib merupakan rukun umroh yang wajib dilakukan oleh setiap jamaah umroh. Tertib berarti menyelesaikan semua rukun umroh dan meninggalkan tanah suci. Setelah melakukan tahallul, jamaah umroh harus segera meninggalkan tanah suci.

Rukun umroh di atas merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap jamaah umroh. Dengan melakukan rukun-rukun umroh di atas, muslim dapat menyelesaikan ibadah umroh dengan baik dan benar.

BACA JUGA:   Perlu Kah Kita Mengenakan Baju Putih Saat Melakukan Ibadah Umroh?

Dengan menggunakan informasi di atas, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan ibadah umroh. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan diri mental dan spiritual dengan baik. Berdoa dan bersungguh-sungguhlah sebelum melaksanakan ibadah umroh. Di luar itu, jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebelum berangkat umroh.