Skip to content
Home » Mengenal Rukun Ibadah Haji dan Umrah

Mengenal Rukun Ibadah Haji dan Umrah

Dalam beribadah haji dan umrah terdapat lima rukun yang harus dipenuhi oleh para jemaah. Rukun ibadah haji dan umrah ini merupakan syarat wajib yang tidak boleh diabaikan dan harus dipelajari dengan baik sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Rukun Ibadah Haji

1. Ihram

Ihram adalah niat dan tindakan memasuki ihram dengan mengucapkan niat dan membaca talbiyah. Niat ini menjadi syarat sahnya ibadah haji. Setelah memasuki ihram, jemaah dilarang melakukan beberapa hal seperti mencukur rambut, memotong kuku, berjima atau bercumbu dengan pasangan, membunuh binatang, dan sebagainya.

2. Mabit

Mabit adalah menetap di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah sebagai persiapan menuju Arafah. Durasi dari mabit mulai dari matahari tenggelam pada tanggal 7 Dzulhijjah hingga matahari terbit pada tanggal 8 Dzulhijjah.

3. Wukuf di Arafah

Wukuf di Arafah adalah berada di kawasan Arafah mulai dari matahari terbit pada tanggal 9 Dzulhijjah hingga matahari terbenam. Wukuf di Arafah merupakan inti dari rangkaian ibadah haji dan menjadi momen penting bagi para jemaah untuk memohon ampunan dan ketaqwaan.

4. Mabit di Muzdalifah

Mabit di Muzdalifah adalah berada di wilayah Muzdalifah pada malam harinya setelah selesai wukuf di Arafah. Saat mabit di Muzdalifah, jemaah biasa memungut batu yang akan digunakan pada hari-hari berikutnya sebagai ritual melempar jumrah.

5. Mencabut Rambut dan Tasyrik

Mencabut rambut adalah memotong rambut sebagai tanda akhir dari ihram. Setelah mencabut rambut, jemaah sudah boleh keluar dari masjid dan melakukan tasyrik, yaitu berjalan kaki dari Mina menuju Makkah. Tasyrik dilakukan pada tanggal 11 Dzulhijjah hingga 13 Dzulhijjah.

BACA JUGA:   Salah Satu Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji Adalah...

Rukun Ibadah Umrah

1. Ihram

Ihram dalam umrah sama seperti dalam haji yaitu mengucapkan niat dan membaca talbiyah. Setelah berihram, jemaah dapat melakukan aktivitas seperti mencukur rambut atau memotong kuku.

2. Tawaf

Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 putaran dalam arah searah jarum jam. Tawaf dimulai dan diakhiri di Hajar Aswad.

3. Sa’i

Sa’i adalah berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Sa’i dimulai dari Shafa dan diakhiri di Marwah.

4. Tahallul

Tahallul atau mencukur rambut adalah tanda berakhirnya umrah dan keluar dari ihram. Setelah tahallul, jemaah sudah boleh melakukan segala aktivitas yang dilarang selama dalam ihram.

Dengan mempelajari lima rukun ibadah haji dan umrah ini, jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan sesuai dengan syarat yang berlaku. Jangan lupa selalu mempersiapkan diri dengan matang dan mengikuti prosedur yang berlaku untuk menghindari masalah dan kecerobohan selama ibadah di Tanah suci.