Skip to content
Home » Mengenal Zakat Fitrah, Jenis Zakat yang Dibayarkan saat Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Mengenal Zakat Fitrah, Jenis Zakat yang Dibayarkan saat Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri menjadi hari yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, hari raya ini menjadi salah satu hari libur nasional yang paling ditunggu-tunggu. Selain menjadi momen berkumpul dengan keluarga, hari raya Idul Fitri juga menjadi momen untuk memperkuat hubungan dengan sesama melalui berbagai kegiatan sosial.

Salah satu tradisi yang dilakukan saat menjelang hari raya Idul Fitri adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah merupakan jenis zakat yang wajib dibayar oleh setiap muslim yang telah mencapai batas kewajiban zakat pada tahun ini. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai zakat fitrah lebih dalam.

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan sebagai bentuk pembayaran kewajiban bagi setiap muslim yang sudah mencapai batas kewajiban zakat dari harta yang dimilikinya pada tahun ini. Zakat fitrah biasanya dibayarkan menjelang hari raya Idul Fitri.

Adapun jumlah zakat fitrah ini adalah sebesar 3,5 kg beras atau makanan pokok lainnya yang setara dengan nilai 3,5 kg beras per orang yang menerima zakat fitrah. Jumlah zakat fitrah ini dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok selama satu hari pada saat hari raya Idul Fitri.

Tujuan zakat fitrah

Tujuan dari pembayaran zakat fitrah adalah sebagai bentuk ketaatan dan kepatuhan kepada Allah SWT. Selain itu, pembayaran zakat fitrah juga mempunyai tujuan sosial, yaitu membantu kaum duafa serta mempererat tali silaturahmi antara sesama muslim.

Dalam pembayaran zakat fitrah, tujuan sosialnya lebih diutamakan daripada tujuan individual. Maka dari itu, zakat fitrah biasanya diberikan kepada kaum duafa atau fakir miskin sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.

BACA JUGA:   Apa Itu Zakat Ma: Segala Hal yang Perlu Diketahui

Cara Membayar Zakat Fitrah

Pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:

  1. Membayar langsung kepada pihak yang berhak menerima zakat fitrah di daerah masing-masing.

  2. Membayar melalui lembaga amil zakat.

  3. Membayar melalui bank-bank syariah atau bank-bank yang memiliki program zakat.

Dalam membayar zakat fitrah, penting untuk memperhatikan waktu yang tepat untuk membayar. Pembayaran zakat fitrah biasanya dilakukan setelah sholat Idul Fitri dan sebelum menjalankan sholat sunah.

AKhir kata

Dalam kesimpulannya, zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang telah mencapai batas kewajiban zakat pada tahun ini. Pembayaran zakat fitrah memiliki tujuan utama sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan membantu sesama.

Oleh karena itu, kita harus menunaikan kewajiban tersebut dengan sebaik-baiknya. Semoga dengan adanya artikel ini, pembaca dapat lebih memahami tentang zakat fitrah. Selamat membayar zakat fitrah dan selamat hari raya Idul fitri bagi kita semua.