Skip to content
Home » Mengetahui Berbagai Hukum Yang Ada Dalam Pelaksanaan Ibadah Haji

Mengetahui Berbagai Hukum Yang Ada Dalam Pelaksanaan Ibadah Haji

Hukum haji ada berapa?

Hukum Haji: Apa yang Diketahui?

Haji adalah salah satu dari lima kewajiban utama dalam agama Islam. Beberapa ahli fiqih telah membaginya menjadi tiga macam: fardhu ain, fardhu kifayah, dan tathawwu (sukarela). Setiap macamnya memiliki syarat yang berbeda-beda, namun yang pasti haji hanya wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu dan memenuhi syarat yang tercantum dalam hukum fiqih.

Fardhu Ain, Fardhu Kifayah, dan Tathawwu

Fardhu Ain adalah kewajiban yang diwajibkan oleh Allah SWT bagi setiap orang yang mampu secara finansial dan fisik untuk melakukannya. Orang yang belum pernah menunaikan haji tetapi mampu secara finansial dan fisik harus segera menunaikannya.

Fardhu Kifayah adalah kewajiban yang ditanggung oleh sekelompok orang. Jika sekelompok orang telah menunaikannya, maka kewajiban tersebut tidak lagi berlaku bagi orang lain dalam kelompok tersebut.

Tathawwu adalah kewajiban yang tidak wajib, tetapi sangat disarankan. Orang yang melakukan tathawwu telah berbuat kebaikan karena sudah melakukan haji di luar kewajiban yang dibebankan kepadanya.

Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mengikuti Haji

  1. Islam: Orang yang akan melakukan haji haruslah beragama Islam.
  2. Kekayaan: Orang yang akan melakukan haji harus cukup kaya untuk menanggung biaya perjalanan dan biaya-biaya lainnya yang diperlukan.
  3. Kesehatan: Orang yang akan melakukan haji harus cukup sehat untuk menjalani perjalanan.

Selain itu, orang yang akan melakukan haji juga harus bersedia untuk meninggalkan pekerjaannya dan menghabiskan sekitar satu bulan untuk melakukan haji.

Tata Cara dan Ritus Haji

Untuk menunaikan haji, orang yang bersangkutan harus mematuhi beberapa tata cara dan ritus yang telah ditentukan. Ini termasuk:

  • Berwudhu: Berwudhu adalah proses membersihkan diri sebelum melakukan ibadah. Orang yang akan melakukan haji harus melakukan wudhu sebelum memasuki Masjidil Haram.
  • Berihram: Berihram adalah proses memakai pakaian khusus yang telah ditentukan. Pakaian ini terdiri dari dua potongan kain yang dipakai oleh laki-laki dan dua potongan kain yang dipakai oleh perempuan. Pakaian ini harus dikenakan sebelum sampai di Miqat (tempat dimana perjalanan haji dimulai).
  • Tawaf: Tawaf adalah suatu proses berjalan di sekeliling Ka’bah sebanyak tujuh kali. Tawaf harus dilakukan oleh setiap orang yang melakukan haji.
  • Sa’i: Sa’i adalah proses berjalan di antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sa’i harus dilakukan oleh setiap orang yang melakukan haji.
  • Mabit: Mabit adalah proses menginap di Mina selama tiga hari. Mabit harus dilakukan oleh setiap orang yang melakukan haji.
  • Hajar Aswad: Hajar Aswad adalah proses menyentuh batu hitam di dinding Ka’bah. Hajar Aswad harus dilakukan oleh setiap orang yang melakukan haji.
  • Qurban: Qurban adalah proses menyembelih hewan yang telah ditentukan. Qurban harus dilakukan oleh setiap orang yang melakukan haji.
BACA JUGA:   Biaya dan Cara Daftar Haji

Selain itu, orang yang melakukan haji juga harus menyembelih hewan di Mina dan melakukan thawaf wada’ (thawaf perpisahan).

Manfaat Haji

Selain menjadi salah satu dari lima kewajiban utama dalam agama Islam, haji juga bermanfaat bagi orang yang melakukannya. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut:

  • Pengalaman spiritual: Melakukan haji adalah pengalaman spiritual yang menyenangkan. Orang yang melakukan haji akan merasakan kedekatan dengan Allah SWT yang luar biasa.
  • Kesempatan untuk bersilaturahim: Melakukan haji adalah kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk bersilaturahim dengan saudara-saudara Muslim di seluruh dunia.
  • Kebangkitan finansial: Meskipun biaya haji bisa cukup mahal, orang yang melakukannya juga bisa menikmati manfaat finansialnya. Beberapa orang yang melakukan haji bahkan menikmati kebangkitan finansial setelahnya.

Kesimpulan

Haji merupakan salah satu dari lima kewajiban utama dalam agama Islam. Orang yang ingin melakukan haji harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan dan harus mengikuti beberapa tata cara dan ritus yang telah ditentukan. Meskipun biaya haji bisa cukup mahal, orang yang melakukannya juga bisa menikmati manfaat spiritual dan finansialnya.