Skip to content
Home » Mengetahui Besaran Biaya Haji Untuk Satu Orang: Persiapan Finansial Yang Harus Dilakukan

Mengetahui Besaran Biaya Haji Untuk Satu Orang: Persiapan Finansial Yang Harus Dilakukan

Berapa biaya haji untuk 1 orang?

Berapa Biaya Haji untuk 1 Orang?

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah mengusulkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1444 H/2023 M sebesar Rp 69,2 juta per jemaah. Ini adalah jumlah yang cukup besar untuk biaya haji satu orang. Namun, jumlah ini juga berbeda dari biaya haji yang ditetapkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Rincian Biaya Haji 2023 Per Jamaah

Rincian biaya haji 2023 per jamaah menjadi Rp 69.193.733,60. Ini jauh lebih tinggi daripada biaya ibadah haji sebesar Rp 39,8 juta yang ditetapkan pada tahun sebelumnya. Jumlah ini mencakup beberapa biaya utama, yang dijelaskan di bawah ini.

Biaya Utama Haji

Biaya Penerbangan – Biaya untuk penerbangan dari Indonesia ke Tanah Suci Makkah di Saudi Arabia.

Biaya Pemandu Haji – Biaya untuk layanan pemandu haji yang bertanggung jawab untuk menemani jamaah haji selama perjalanan.

Biaya Akomodasi – Biaya untuk menyediakan akomodasi kepada jamaah haji selama menjalankan ibadah haji di Makkah dan Madinah.

Biaya Manasik – Biaya untuk menjalankan manasik haji di Makkah dan Madinah.

Biaya Lainnya – Biaya untuk layanan pendukung lainnya, seperti asuransi, Visa, jasa pengurusan dokumen, dan biaya administrasi.

Cara Penghematan Biaya Haji

Biaya haji yang tinggi mungkin tampak menakutkan bagi banyak orang. Namun, ada beberapa cara untuk menghemat biaya haji. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya haji.

1. Laksanakan Pembayaran Secara Bersamaan – Ini adalah cara yang paling efektif untuk menghemat biaya haji. Cara ini memungkinkan penumpang haji untuk membayar semua biaya haji dalam satu transaksi.

BACA JUGA:   Dilema Sebutan Haji Untuk Orang Yang Sudah Pernah Menunaikan Ibadah Haji

2. Pilih Maskapai Penerbangan Dengan Harga Terbaik – Ada banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tarif tiket murah. Sebaiknya Anda melakukan penelitian untuk menemukan maskapai penerbangan dengan harga terbaik.

3. Pilih Paket Haji Dengan Biaya Terjangkau – Ada banyak paket haji yang tersedia dengan berbagai pilihan biaya. Sebaiknya Anda memilih paket haji dengan biaya yang dapat Anda tanggung.

4. Mencari Sponsor – Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk menjalankan ibadah haji, Anda dapat mencari sponsor untuk membiayai haji Anda.

5. Jangan Menunda Haji – Jika Anda memutuskan untuk menunda haji, Anda harus siap untuk menghadapi biaya haji yang lebih tinggi di masa depan.

Kesimpulan

Biaya haji yang ditetapkan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas untuk tahun 2023 adalah Rp 69.193.733,60 per jamaah. Biaya haji ini dapat dikurangi dengan menggunakan berbagai cara, seperti melakukan pembayaran secara bersamaan, memilih maskapai penerbangan dengan harga terbaik, memilih paket haji dengan biaya terjangkau, mencari sponsor, dan tidak menunda haji. Dengan cara-cara ini, jamaah haji akan dapat menghemat biaya haji mereka dan menikmati perjalanan haji yang lebih hemat.