Skip to content
Home » Mengetahui Besaran Biaya Pelunasan Haji Dan Persiapan Yang Dibutuhkan

Mengetahui Besaran Biaya Pelunasan Haji Dan Persiapan Yang Dibutuhkan

Berapa pelunasan biaya haji?

Mengenal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih)

Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) atau biaya haji reguler merupakan salah satu biaya yang perlu dibayarkan bagi jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji. Di tahun 2022 ini, biaya haji reguler sudah disepakati sebesar Rp 39.886.009 per jemaah.

Jumlah Jemaah Haji Tahun 2022

Berdasarkan data dari Kementerian Agama, jumlah keseluruhan jemaah haji tahun 2022 ini adalah 99.489 (orang), yang sudah melunasi 95.807 (orang), yang belum melunasi 3.682 (orang).

Kesulitan Pelunasan Biaya Haji

Kesulitan pelunasan biaya haji oleh jemaah haji ini tentu menjadi masalah yang cukup menyulitkan, khususnya bagi jemaah haji yang mengalami kesulitan finansial. Berbagai macam faktor membuat sebagian jemaah haji ini mengalami kesulitan dalam melunasi biaya haji.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang menjadi penyebab utama kesulitan pelunasan biaya haji oleh jemaah haji ini adalah kondisi ekonomi yang tidak kondusif. Kondisi ekonomi yang tidak kondusif ini dapat berupa inflasi yang tinggi, rendahnya pendapatan perkapita, kenaikan harga-harga komoditas pokok, dan lain sebagainya. Hal ini tentu berdampak pada jemaah haji yang mengalami kesulitan dalam memenuhi biaya haji yang cukup besar.

Faktor Internal

Selain berbagai macam faktor eksternal, faktor internal juga menjadi salah satu penyebab kesulitan pelunasan biaya haji oleh jemaah haji. Faktor internal ini berupa jumlah tanggungan yang cukup banyak, tingginya biaya hidup, biaya pendidikan anak yang tinggi, dan lain sebagainya. Hal ini tentu membuat jemaah haji menjadi kesulitan dalam memenuhi biaya haji yang cukup besar.

BACA JUGA:   Penyusun Raperda Fasilitas Penyelenggara Ibadah Haji Kota Parepare

Cara Melunasi Biaya Haji

Meskipun biaya haji cukup besar, namun masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk melunasi biaya haji. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melunasi biaya haji:

Menabung

  • Cara yang paling umum dan efektif untuk melunasi biaya haji adalah dengan menabung. Cara ini bisa dilakukan dengan menabung secara rutin, sehingga jemaah haji bisa menyisihkan uang untuk melunasi biaya haji.
  • Setelah memiliki jumlah uang yang cukup, jemaah haji bisa membayar biaya haji secara bertahap. Dengan cara ini, jemaah haji bisa mengatur keuangannya dan menyiapkan uang untuk melunasi biaya haji.

Pinjaman

  • Cara lain untuk melunasi biaya haji adalah dengan meminjam uang kepada kerabat atau saudara yang berkenaan. Cara ini tentu membutuhkan kerjasama antar keluarga, sehingga jemaah haji bisa meminjam uang untuk melunasi biaya haji.
  • Selain itu, jemaah haji juga bisa meminjam uang dari bank. Bank dapat memberikan pinjaman dengan bunga dan jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan jemaah haji.

Bergabung dengan Lembaga Sosial

  • Jemaah haji juga bisa bergabung dengan lembaga sosial yang menyediakan bantuan bagi para jemaah haji yang kesulitan dalam melunasi biaya haji. Lembaga sosial ini juga bisa memberikan keringanan biaya haji bagi para jemaah haji yang memerlukan bantuan.
  • Selain itu, jemaah haji juga bisa mengikuti program kampanye sosial yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga sosial. Program ini memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai maupun barang yang bisa digunakan untuk melunasi biaya haji.

Kesimpulan

Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPih) atau biaya haji reguler tahun 2022 yang sudah disepakati sebesar Rp 39.886.009 per jemaah. Jumlah keseluruhan jemaah haji adalah 99.489 (orang), yang sudah melunasi 95.807 (orang), yang belum melunasi 3.682 (orang). Kondisi ini tentu menjadi masalah yang cukup menyulitkan bagi jemaah haji yang mengalami kesulitan finansial. Namun, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk melunasi biaya haji. Jemaah haji bisa menabung, meminjam uang, maupun bergabung dengan lembaga sosial yang menyediakan bantuan bagi para jemaah haji yang kesulitan dalam melunasi biaya haji.

BACA JUGA:   Daftar Tunggu Haji 2019 Kab HSS