Skip to content
Home ยป Mengetahui Harga Paket Umroh: Berapa Yang Perlu Anda Siapkan?

Mengetahui Harga Paket Umroh: Berapa Yang Perlu Anda Siapkan?

Berapa harga paket umroh?

Berapa Harga Paket Umroh di Tahun 2021?

Tahun ini, biaya umroh menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi para jamaah. Terakhir, acuan referensi biaya umrah minimal adalah sebesar Rp.26 Juta, melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 777 Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Menteri Agama 2019-2020, Fachrul Razi pada 16 Desember 2020. Namun pada saat itu acuan biaya umroh belum mencakup biaya karantina.

Harga Paket Umroh di Tahun 2021

Karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia, biaya umroh pun ikut berubah. Kini harga paket umroh di Tahun 2021 tidak hanya mencakup biaya-biaya yang ditetapkan oleh KMA tahun lalu, melainkan juga biaya karantina yang harus ditambahkan. Dengan demikian, harga paket umroh di Tahun 2021 menjadi lebih mahal dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Untuk harga paket umroh reguler, biasanya berada di kisaran Rp.35 Juta โ€“ Rp.50 Juta, tergantung pada fasilitas yang disediakan. Harga tersebut sudah termasuk biaya karantina. Sedangkan untuk harga paket umroh plus, biasanya lebih mahal, mulai dari Rp.60 Juta hingga Rp.100 Juta. Harga ini sudah termasuk biaya karantina di Madinah dan Mekkah.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Paket Umroh

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga paket umroh di Tahun 2021. Pertama adalah kontribusi biaya karantina. Kini, biaya karantina menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari biaya umroh, karena setiap jamaah umroh wajib melakukan karantina sebelum dan sesudah berangkat ke Tanah Suci. Kedua adalah jenis paket umroh yang dipilih. Pilihan paket umroh reguler atau plus mempengaruhi harga paket umroh yang harus dibayarkan oleh jamaah.

Ketiga, waktu berangkat. Waktu berangkat juga mempengaruhi harga paket umroh. Biasanya, harga paket umroh lebih mahal saat berangkat pada bulan-bulan tertentu. Seperti bulan Ramadan, bulan Rajab, dan bulan Syawal. Namun, ada juga biro perjalanan yang menawarkan harga paket umroh yang lebih murah di bulan-bulan tersebut.

BACA JUGA:   Doa Agar Ibadah Umroh Lancar: Panduan Lengkap

Langkah-Langkah Memilih Paket Umroh yang Tepat

Ketika memilih paket umroh, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan paket yang tepat. Pertama, pastikan Anda memilih biro perjalanan umroh yang terpercaya. Kedua, pastikan Anda membaca dengan teliti dan memahami kontrak perjanjian yang ditandatangani. Ketiga, pastikan Anda mengecek daftar fasilitas yang ditawarkan.

Keempat, pastikan Anda mengecek harga paket umroh di beberapa biro perjalanan sebelum memutuskan untuk memesan. Kelima, pastikan Anda memahami prosedur karantina yang diberlakukan oleh biro perjalanan tersebut. Terakhir, pastikan Anda berkomunikasi dengan biro perjalanan yang Anda pilih dengan baik.

Kesimpulan

Harga paket umroh di Tahun 2021 tentu berbeda dengan tahun sebelumnya. Biaya umroh telah menjadi lebih mahal karena biaya karantina yang telah ditambahkan. Hal ini tentu menjadi perhatian para jamaah agar tidak salah menghitung biaya yang harus dikeluarkan. Untuk itu, para jamaah harus benar-benar memahami faktor-faktor yang mempengaruhi harga paket umroh di Tahun 2021, dan selalu mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

.