Skip to content
Home » Mengetahui Jenis Kain Yang Cocok Untuk Pakaian Umroh

Mengetahui Jenis Kain Yang Cocok Untuk Pakaian Umroh

Kain untuk umroh namanya apa?

Kain untuk Umroh Namanya Apa?

Apa Itu Kain Ihram?

Kain ihram adalah pakaian yang dipakai oleh orang-orang yang melakukan ibadah haji dan umrah. Pakaian ini memiliki makna simbolis bagi para jamaah haji dan umrah, selain berfungsi sebagai penanda bahwa mereka telah memasuki masa ibadah.

Bagaimana Cara Pakaian Ihram Dipilih?

Ketika memilih pakaian ihram, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk pakaian ihram bagi laki-laki, ada dua helai kain yang tidak berjahit. Kedua helai kain ini disebut ‘izar’ dan ‘rida’. Izar adalah kain yang menutupi bagian bawah tubuh sampai ke lutut, sedangkan rida menutupi bagian atas tubuh sampai ke leher.

Kain ihram ini harus dibuat dari bahan yang tidak mengkilap, seperti katun atau wol. Kain ihram juga harus bersih dan bebas dari gambar atau kain yang dicelup.

Apa Nama Kain Ihram?

Nama kain ihram adalah ‘ihram’. Kata ini berasal dari bahasa Arab yang berarti “keadaan suci”. Kain ihram sendiri bermakna pakaian yang dipakai oleh orang yang melakukan ibadah haji dan umrah dengan ketentuan.

Apakah Ada Aturan Lain Tentang Kain Ihram?

Selain pemilihan kain yang tepat, ada juga beberapa aturan lain yang harus diikuti ketika memakai kain ihram.

  • Harus dipasang dengan benar. Kain ihram harus dipasang dengan benar dan tidak boleh dicelup atau dijahit. Kain yang dicelup atau dijahit akan mengurangi nilai ibadah haji atau umrah.
  • Harus dihiasi dengan benar. Tidak diperbolehkan untuk menambahkan hiasan atau aksesori pada kain ihram. Namun, ada beberapa perhiasan khusus yang diperbolehkan untuk dipakai, seperti sabuk dan tali pengikat.
  • Harus dipakai hingga selesai ibadah. Kain ihram harus dipakai sampai ibadah haji atau umrah selesai. Setelah melaksanakan semua rukun haji atau umrah, jamaah boleh melepaskan kain ihram.
BACA JUGA:   Tata Cara Menjalankan Ibadah Umroh

Kesimpulan

Kain yang dipakai oleh jamaah haji dan umrah disebut kain ihram. Kain ini harus dipilih dengan benar, dan harus dipasang, dihiasi, dan dipakai dengan benar sampai ibadah haji atau umrah selesai. Dengan mematuhi aturan-aturan ini, jamaah dapat melaksanakan ibadah haji atau umrah dengan penuh ketaatan dan kepatuhan.