Skip to content
Home » Mengetahui Rincian Biaya Dan Budget Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Perjalanan Ibadah Umroh

Mengetahui Rincian Biaya Dan Budget Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Perjalanan Ibadah Umroh

Berapa bayar dam umroh?

Berapa Bayar Dam Umroh?

Umroh adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu. Saat melaksanakan umroh, ada biaya yang harus dikeluarkan. Biaya umroh terdiri dari biaya pendaftaran, biaya transportasi, biaya akomodasi, dan biaya dam. Dam di sini adalah biaya pembayaran yang harus dikeluarkan di seluruh prosesi pelaksanaan ibadah umroh.

Pengertian Dam

Dam umroh adalah biaya yang harus dibayarkan semasa melakukan ibadah umroh. Di dalam kitab hadits, dikenal adanya dam umroh yang harus dibayar oleh jamaah umroh. Dam umroh berbeda dengan dam haji. Dam umroh dibayarkan oleh jamaah umroh ketika melakukan umroh. Dam ini harus dibayarkan sebelum melakukan ibadah umroh. Dam umroh merupakan salah satu syarat untuk melakukan ibadah umroh.

Dam umroh sangat penting bagi jamaah umroh. Hal ini karena dam umroh merupakan simbol komitmen dari jamaah umroh untuk melaksanakan ibadah umroh. Dengan melakukan pembayaran dam umroh, jamaah umroh menunjukkan bahwa dia akan melaksanakan ibadah umroh sampai tuntas.

Besaran Dam Umroh

Dam umroh adalah biaya yang harus dibayarkan oleh jamaah umroh. Dam ini merupakan simbol komitmen dari jamaah untuk melaksanakan ibadah umroh sampai tuntas. Dam umroh memiliki beberapa besaran yang berbeda tergantung dari kondisi jamaah umroh. Besaran dam umroh ditentukan oleh beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, dan jumlah orang dalam satu grup.

Umumnya, dam umroh adalah seekor unta betina, atau seekor sapi, atau tujuh ekor kambing. Namun apabila dilakukan setelah tahallul, maka dam yang dikenai adalah seekor unta betina dan tidak membatalkan haji. Dalam hal ini, jamaah umroh hanya perlu membayar dam unta betina saja.

BACA JUGA:   Cara Daftar Paspor Umrah Online

Ketentuan Pembayaran Dam

Ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan dalam pembayaran dam unta betina. Pertama, pembayaran harus dilakukan sebelum jamaah melakukan ibadah umroh. Kedua, jamaah harus membayar dam unta betina yang berumur tidak lebih dari lima tahun. Ketiga, jamaah harus memastikan bahwa unta yang dibayarkan adalah sehat dan mampu melakukan perjalanan.

Kesimpulan

Dam umroh adalah biaya yang harus dibayarkan oleh jamaah umroh sebelum melakukan ibadah umroh. Dam umroh biasanya adalah seekor unta betina, atau seekor sapi, atau tujuh ekor kambing. Dam umroh harus dibayarkan sebelum melakukan ibadah umroh dan memiliki beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan. Dengan membayar dam umroh, jamaah umroh menunjukkan bahwa dia akan melaksanakan ibadah umroh sampai tuntas.