Skip to content
Home » Mengetahui Tahun Berangkat Jamaah Haji Dalam Daftar Haji Tahun 2013

Mengetahui Tahun Berangkat Jamaah Haji Dalam Daftar Haji Tahun 2013

Daftar haji tahun 2013 berangkat tahun berapa?

Daftar Haji Tahun 2013 Berangkat Tahun Berapa?

Dalam rangka melayani masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji, pemerintah Indonesia telah menetapkan jadwal berangkat haji tahun 2013. Berdasarkan surat edaran Menteri Agama No. 9 Tahun 2013, berikut adalah Daftar Haji 2013 yang akan berangkat pada tahun 2026.

Jadwal Berangkat Haji

Pada tahun 2013, daftar haji yang berangkat adalah sebagai berikut:

  • Batch 1: 2026
  • Batch 2: 2027
  • Batch 3: 2028
  • Batch 4: 2029

Persyaratan Pelaksanaan Haji

Untuk dapat berangkat haji, setiap jamaah haji harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Persyaratan ini meliputi:

  • Memiliki paspor yang masih berlaku minimal satu tahun.
  • Memiliki sertifikat haji yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama.
  • Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.
  • Memiliki bukti pembayaran haji dan pelunasan biaya.
  • Memiliki uang saku untuk perjalanan dan liburan.

Selain itu, jamaah haji juga harus membawa beberapa dokumen lainnya seperti bukti pembayaran asuransi, bukti pembayaran tiket pesawat, dan pengakuan iuran haji.

Prosedur Pendaftaran Haji

Pendaftaran haji tahun 2013 dimulai pada bulan Januari 2013 untuk batch pertama. Pendaftaran haji dilakukan melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) di setiap provinsi. Sebelum mendaftar, setiap calon jamaah haji harus membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah pendaftaran, calon jamaah haji harus melakukan verifikasi dokumen dan melakukan tes kesehatan jasmani dan rohani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Selanjutnya, calon jamaah haji akan melakukan pelatihan dan pendidikan agama haji selama satu minggu di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag).

BACA JUGA:   DAFTAR TUNGGU HAJI 2019: Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Selanjutnya, calon jamaah haji akan dinyatakan lulus tes dan akan mendapatkan sertifikat haji. Sertifikat haji ini harus dibawa oleh jamaah haji saat berangkat ke Arab Saudi, sebagai bukti bahwa ia telah melaksanakan ibadah haji sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Biaya Pelaksanaan Haji

Biaya pelaksanaan haji tahun 2013 tergantung pada batch berangkat haji yang dipilih. Biaya pelaksanaan haji berdasarkan batch berangkat haji adalah sebagai berikut:

  • Batch 1: Rp. 32.000.000,-
  • Batch 2: Rp. 36.000.000,-
  • Batch 3: Rp. 40.000.000,-
  • Batch 4: Rp. 44.000.000,-

Biaya pelaksanaan haji tersebut belum termasuk biaya penginapan, transportasi, dan biaya lain yang diperlukan untuk pelaksanaan ibadah haji.

Kesimpulan

Daftar Haji 2013 menetapkan bahwa jamaah haji akan berangkat pada tahun 2026. Setiap calon jamaah haji harus memenuhi persyaratan dan biaya pelaksanaan haji yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Pelaksanaan ibadah haji merupakan wujud kecintaan dan ketaatan seseorang kepada Allah SWT. Melaksanakan ibadah haji juga merupakan kebanggaan yang tidak ternilai harganya. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran kepada setiap jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji tahun 2013. Amin.