Skip to content
Home » Mengetahui Ukuran Pahala Haji Akbar: Mengupas Fakta Dan Pengertian Yang Sebenarnya

Mengetahui Ukuran Pahala Haji Akbar: Mengupas Fakta Dan Pengertian Yang Sebenarnya

Berapa pahala Haji Akbar?

Berapa Pahala Haji Akbar?

ALONESIA.COM – Puncak ibadah haji yang bertepatan dengan hari Jumat dikenal dengan istilah Haji Akbar, seperti yang terjadi pada momen haji tahun ini, 2022 atau 1443 H. Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa pahala Haji Akbar setara dengan 70 kali naik haji.

Puncak ibadah haji yang bertepatan dengan hari Jumat merupakan momen terbaik untuk memperoleh pahala haji yang lebih besar, sehingga haji yang dilakukan pada saat ini disebut dengan Haji Akbar. Meskipun tidak semua orang dapat meninggalkan kesibukan, masalah-masalah, ataupun komitmen sehari-hari untuk menunaikan haji pada saat ini, namun berbagai hadits yang ada menunjukkan bahwa pahala Haji Akbar sangatlah besar.

Dalam hadits yang sahih, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa pahala Haji Akbar adalah setara dengan 70 kali pahala naik haji yang biasa. Ini berarti bahwa seseorang yang melakukan ibadah haji pada saat Haji Akbar akan memperoleh pahala yang jauh lebih besar daripada orang yang melakukan haji pada saat yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa ibadah haji di saat Haji Akbar adalah momen terbaik untuk menerima pahala yang lebih besar.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan ibadah haji pada saat Haji Akbar. Pertama, seseorang harus menunaikan semua kewajibannya sebagai seorang muslim. Hal ini berarti bahwa seseorang harus melakukan puasa, melaksanakan semua ibadah sunnah, dan melakukan shalat lima waktu. Selain itu, seseorang juga harus bersikap baik dan menjauhi perbuatan dosa.

Kedua, seseorang harus berusaha untuk meningkatkan ketakwaannya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara beribadah secara konsisten, membaca Al-Qur’an, dan berdoa. Dengan berusaha meningkatkan ketakwaan, seseorang akan lebih dekat dengan Allah dan meningkatkan pahala yang akan diperolehnya.

BACA JUGA:   Cara Mendaftarkan Diri Untuk Haji

Ketiga, seseorang harus berusaha untuk meningkatkan kualitas ibadah hajinya. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan semua kewajiban haji dengan sebaik mungkin, dengan berusaha untuk meningkatkan pemahaman tentang haji, dan dengan bersungguh-sungguh memperdalam ajaran Islam. Dengan melakukan hal ini, seseorang dapat meningkatkan kualitas ibadahnya dan meningkatkan pahala yang akan diperolehnya.

Keempat, seseorang harus mengikuti berbagai aktivitas-aktivitas yang disyariatkan di saat haji. Hal ini dapat dilakukan dengan berziarah ke makam para nabi dan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW, berziarah ke makam para wali, dan berziarah ke makam para shahabat. Dengan melakukan hal ini, seseorang dapat memperoleh pahala yang lebih besar.

Kelima, seseorang harus berusaha untuk merenungkan kembali inti haji dengan sebaik mungkin. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengingat-ingat kembali tujuan haji, menyadari bahwa haji bukan hanya sebatas melakukan rukun ibadah, tetapi juga sebagai bentuk pengorbanan jiwa dan raga untuk Allah SWT. Dengan melakukan hal ini, seseorang dapat memperoleh pahala yang lebih besar.

Meskipun memang tidak semua orang bisa datang ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji pada saat Haji Akbar, namun hal itu bukan berarti bahwa kita tidak bisa mendapatkan pahala. Dengan melakukan berbagai hal di atas, kita dapat mendapatkan pahala yang sebanding dengan pahala yang akan diperoleh ketika berhaji pada saat Haji Akbar. Kita hanya perlu mengingat bahwa Allah SWT akan memberikan pahala yang setimpal dengan apa yang telah kita lakukan.