Skip to content
Home » Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk Mengucapkan Niat Umroh

Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk Mengucapkan Niat Umroh

Kapan niat umroh diucapkan?

Kapan Niat Umroh Diucapkan?

Umroh adalah ibadah yang diwajibkan kepada setiap muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Salah satu syarat untuk melakukan umroh adalah mengucapkan niat. Sebagian besar umat Islam mengucapkan niat umroh ketika mereka akan melakukan tahallul (keluar dari ihram). Namun, sebenarnya, niat umroh dapat dikatakan pada setiap saat sebelum melewati Miqat.

Adapun bacaan niat dan doanya adalah sebagai berikut:

Latin: Nawaitul ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala labbaika Allahumma umratan.

Bacaan niat umroh dilakukan pada saat jemaah sudah berada di kendaraan untuk menuju ke Makkah. Hal ini penting untuk diingat agar jemaah dapat mengucapkan niat untuk melakukan umroh dan memulai ibadah ini dengan bersih dari niat yang lain.

Kapan Niat Umroh Dikatakan?

Niat umroh dapat dikatakan pada setiap saat, sebelum melewati Miqat. Miqat adalah batas wilayah yang ditentukan di mana seseorang yang akan melakukan umroh harus berhenti dan mengucapkan niat. Pada Miqat, seseorang harus mengenakan pakaian ihram dan mengucapkan niat umroh.

Miqat berbeda-beda di setiap negara. Di Saudi Arabia, Miqat adalah Jeddah, di Yordania adalah Al-Jof, di Mesir adalah Al-Masnaa, di Pakistan adalah Taif, dan di Indonesia adalah Tanjung Priok. Di luar daerah Miqat tersebut, seseorang dapat mengucapkan niat umroh pada saat melakukan wudhu sebelum berangkat menuju Miqat dan kemudian mengulanginya di Miqat.

Apa yang Harus Diucapkan Dalam Niat Umroh?

Niat umroh harus dikatakan dengan bahasa Arab dan berisi niat untuk melakukan umroh. Berikut adalah doa untuk niat umroh:

BACA JUGA:   Pertanyaan Seputar Ibadah Umroh

Arab:

نويت العمرة وأحرمت بها لله تعالى لبيك اللهم عمرة

Terjemahannya:

Saya niat melakukan umroh dan mengikatkan dengannya kepada Allah. Ya Allah, inilah umroh saya.

Doa di atas dapat dikatakan dengan lafal yang benar dan harus diucapkan secara khusyuk.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri untuk Umroh?

Sebelum melakukan umroh, ada beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan. Pertama, pastikan bahwa Anda telah mengucapkan niat umroh dan mengenakan pakaian ihram. Kedua, sebelum berangkat menuju Miqat, pastikan untuk berwudhu dan mengucapkan niat di hadapan Allah SWT. Ketiga, pastikan untuk berdoa dan meminta kepada Allah SWT untuk membimbing Anda sepanjang perjalanan.

Kemudian, pastikan untuk membawa semua dokumen perjalanan yang diperlukan, termasuk paspor, tiket pesawat, dan surat keterangan dari dokter. Selain itu, pastikan untuk membawa uang tunai dan menyediakan dana cadangan jika diperlukan.

Bagaimana Cara Membuat Doa Niat Umroh?

Doa niat umroh dapat dibaca dengan berbagai cara. Cara paling umum adalah dengan membaca doa ini dalam bahasa Arab. Namun, jika Anda merasa kesulitan untuk membacanya dalam bahasa Arab, Anda dapat membacanya dalam bahasa Inggris atau bahasa lain yang Anda pahami.

Anda juga dapat membaca doa ini dengan cara yang berbeda, seperti membaca doa dengan suara yang lembut dan hati-hati. Atau, Anda dapat membaca doa dengan cara yang lebih spiritual, seperti merenungkan makna kata-kata dalam doa dan berdoa dengan hati.

Kesimpulan

Niat umroh adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi saat seseorang akan melakukan umroh. Niat ini dapat dikatakan pada setiap saat sebelum melewati Miqat. Doa niat umroh harus dibaca dengan bahasa Arab atau bahasa lain yang dimengerti. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan umroh, seperti mengucapkan niat, mengenakan pakaian ihram, dan membawa dokumen perjalanan yang diperlukan.

BACA JUGA:   Hadist Hukum Ibadah Umrah: Panduan dan Penjelasan

Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan diri Anda dengan baik sebelum melakukan umroh. Semoga Allah SWT memberkahi Anda dan mempermudah segala urusan Anda. Aamiin.