Skip to content
Home » Menjawab Keraguan Sebelum Berangkat Umroh: Sholat Apa Yang Harus Dilakukan?

Menjawab Keraguan Sebelum Berangkat Umroh: Sholat Apa Yang Harus Dilakukan?

Sebelum umroh sholat apa?

Sebelum Umroh, Apa Yang Harus Dilakukan?

Ibadah umroh adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim. Ibadah umroh merupakan bagian dari ibadah haji yang dilakukan dengan cara mengunjungi Masjidil Haram di kota Makkah. Sebelum melaksanakan ibadah umroh, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan.

1. Sholat Sunnah Ihram

Sholat sunnah ihram adalah sholat yang dilakukan dengan niat khusus untuk melaksanakan ibadah haji ataupun umrah. Sholat ini dilakukan sebanyak dua rakaat dengan membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas setiap satu rakaatnya. Sholat sunnah ihram ini harus dilaksanakan sebelum melakukan ibadah haji ataupun umrah.

2. Berwudhu Secara Khusus

Ketika berwudhu untuk sholat ihram, dianjurkan untuk melakukannya dengan berwudhu secara khusus. Wudhu yang dilakukan harus dengan membasuh seluruh bagian tubuh dan membaca doa sesuai dengan sunnah. Hal ini dimaksudkan agar ibadah umroh yang dilakukan semakin suci dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Memakai Pakaian Ihram

Selanjutnya, setelah melaksanakan sholat sunnah ihram dan berwudhu secara khusus, ketika akan melakukan ibadah umroh seorang muslim harus mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram adalah pakaian yang terdiri dari dua helai kain yang dikenakan dengan cara dibungkuskan pada tubuh, tanpa dipotong ataupun ditambahi perlengkapan lainnya.

4. Mengumandangkan Niat Ihram

Setelah mempersiapkan semuanya, sebelum melakukan ibadah umroh seorang muslim harus mengumandangkan niat ihram. Niat ini dimaksudkan untuk menandai bahwa ia telah memulai ibadah umroh, karena ibadah umroh hanya akan sah jika dilakukan dengan niat yang benar.

BACA JUGA:   Contoh Ucapan Selamat Ibadah Umroh

5. Mengamalkan Sunnah Sepanjang Perjalanan

Selama perjalanan menuju kota Makkah, seorang muslim diwajibkan untuk mengamalkan berbagai macam sunnah. Misalnya, membaca doa ketika naik kendaraan, membaca doa ketika melihat Masjidil Haram, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa sebelum melaksanakan ibadah umroh seorang muslim harus mempersiapkan beberapa hal, yaitu sholat sunnah ihram, berwudhu secara khusus, memakai pakaian ihram, mengumandangkan niat ihram, dan mengamalkan berbagai macam sunnah selama perjalanan. Semua hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar ibadah umroh yang dilakukan semakin suci dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.