Skip to content
Home » Menjelaskan Alasan Mengapa Nabi Muhammad Tidak Menggunakan Gelar Haji

Menjelaskan Alasan Mengapa Nabi Muhammad Tidak Menggunakan Gelar Haji

Kenapa Nabi Muhammad tidak memakai gelar haji?

Kenapa Nabi Muhammad tidak memakai Gelar Haji?

Dalam kitab suci Al-Quran dan Hadits sahih, kita dapat melihat bahwa Nabi Muhammad tidak pernah menggunakan gelar haji. Gelar haji adalah sebuah gelar yang diberikan kepada orang-orang yang telah melaksanakan ibadah haji. Meskipun gelar haji telah menjadi bagian dari tradisi di sebagian besar wilayah di dunia, gelar haji bukanlah hal yang dikenal pada zaman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Gelar haji dilarang oleh para ulama karena mereka dikhawatirkan bahwa gelar haji akan memicu riya. Riya adalah salah satu dosa yang paling besar menurut agama Islam. Dalam agama Islam, riya adalah ketika seseorang melakukan sesuatu atau berbicara dengan tujuan untuk mendapatkan pujian dari orang lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa Nabi Muhammad s.a.w. tidak pernah menggunakan gelar haji. Gelar haji dilarang oleh para ulama karena gelar tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan riya.

Karena itu, Lajnah Daimah telah mengeluarkan fatwa bahwa panggilan Haji bagi orang yang telah berhaji sebaiknya ditinggalkan. Mereka menyarankan agar orang-orang yang telah berhaji hanya menyebutkan kata haji saja tanpa menambahkan gelar. Dengan demikian, mereka dapat menghindari riya dan menjaga ketaatan mereka kepada Allah SWT.

BACA JUGA:   Biaya Ibadah Haji 2020: Panduan Lengkap dan Rinci