Skip to content
Home » Menunaikan Haji Tanpa Umroh: Sejauh Mana Kebenarannya?

Menunaikan Haji Tanpa Umroh: Sejauh Mana Kebenarannya?

Bolehkah haji tanpa umroh?

Bolehkah Haji Tanpa Umroh?

Haji Ifrad adalah salah satu jenis ibadah haji yang dilakukan oleh jamaah haji. Ibadah haji Ifrad berarti melaksanakannya dengan cara menyendirikan diri dari ibadah umrah. Jadi, orang yang melakukan haji Ifrad tidak melaksanakan umrah, melainkan hanya haji saja.

Haji Ifrad dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan melakukan haji saja atau haji dan umrah.

Haji saja

Haji saja adalah pilihan yang paling umum dipilih oleh jamaah haji. Pada jenis ibadah haji ini, jamaah hanya melaksanakan haji saja tanpa melakukan umrah terlebih dahulu. Jika jamaah haji memilih ibadah haji Ifrad dengan melaksanakan haji saja, maka ia tidak dikenai dam.

Haji lalu Umrah

Haji lalu Umrah adalah pilihan yang dipilih oleh jamaah haji yang ingin memaksimalkan ibadahnya. Pada jenis ibadah haji ini, jamaah melaksanakan haji dulu lalu melaksanakan umrah setelah selesai berhaji. Jika jamaah haji memilih ibadah haji Ifrad dengan melaksanakan haji lalu umrah, maka ia dikenai dam.

Kapan Boleh Melakukan Haji Ifrad?

Haji Ifrad boleh dilakukan kapan pun jamaah haji ingin melaksanakannya. Tidak ada pembatasan waktu khusus untuk ibadah haji Ifrad. Akan tetapi, jamaah haji harus mengikuti syarat-syarat yang diperlukan untuk melaksanakan ibadah haji Ifrad, seperti memiliki uang cukup untuk melakukan haji, kondisi kesehatan yang memungkinkan untuk melakukan haji, dan masih banyak lagi.

Keistimewaan Haji Ifrad

Ada beberapa keistimewaan yang bisa didapatkan jika seseorang memilih untuk melakukan haji Ifrad. Pertama, jamaah haji tidak dikenai dam. Oleh karena itu, jamaah haji tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan umrah. Kedua, jamaah haji boleh mengatur sendiri jadwal ibadahnya. Mereka bebas untuk memilih kapan pun mereka ingin melakukan haji. Ketiga, jamaah haji dapat menghemat waktu. Karena mereka tidak perlu melaksanakan umrah, maka waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah haji akan lebih singkat.

BACA JUGA:   Ibadah Haji Hanya Wajib Bagi Umat Islam

Kesimpulan

Meskipun terdapat beberapa keistimewaan yang bisa didapatkan jika seseorang memilih untuk melaksanakan haji Ifrad, namun jamaah haji harus tetap memperhatikan syarat-syarat yang diperlukan untuk melakukan haji agar ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Terlebih lagi, jamaah haji harus tetap mematuhi aturan-aturan yang berlaku di Tanah Suci. Dengan demikian, maka ibadah haji Ifrad yang mereka lakukan akan memiliki nilai ibadah yang lebih besar.