Skip to content
Home » Menyingkap Perbedaan Antara Umroh Dan Naik Haji: Pentingnya Memahami Perbedaan Dan Persiapan Yang Harus Dilakukan

Menyingkap Perbedaan Antara Umroh Dan Naik Haji: Pentingnya Memahami Perbedaan Dan Persiapan Yang Harus Dilakukan

Apa beda umroh sama naik haji?

Apa Beda Umroh Sama Naik Haji?

Perbedaan yang pertama adalah dari waktu pelaksanaan. Sudah jelas bahwa ibadah haji hanya bisa dilakukan ketika bulan haji saja (Syawal, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah). Namun ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja, bahkan ketika di bulan haji, umroh boleh dilakukan.

Perbedaan Kedua: Tujuan dan Hukumnya

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang yang mampu. Jika orang tersebut tidak mampu, maka dia tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji. Namun demikian, ibadah haji adalah salah satu kewajiban yang diwajibkan oleh agama Islam.

Sedangkan ibadah umrah adalah ibadah sunnah yang tidak wajib. Meski demikian, ibadah umrah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Orang yang melaksanakan ibadah umrah tidak akan diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji.

Perbedaan Ketiga: Biaya dan Ketersediaan

Biaya untuk melaksanakan ibadah haji ini pastinya lebih mahal daripada biaya untuk melaksanakan ibadah umrah. Selain itu, ketersediaan ibadah haji juga berbeda dengan ibadah umrah. Ibadah haji hanya tersedia di bulan-bulan tertentu saja, sehingga orang harus menunggu bulan-bulan tersebut untuk bisa melaksanakan ibadah haji.

Sedangkan ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja, bahkan ketika di bulan haji, umroh boleh dilakukan. Selain itu, ketersediaan ibadah umrah juga lebih banyak dibandingkan dengan ibadah haji.

Perbedaan Keempat: Proses dan Mustahilnya

Proses untuk melaksanakan ibadah haji lebih kompleks dibandingkan dengan ibadah umrah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk jumlah orang yang melaksanakan ibadah haji yang jauh lebih banyak dibandingkan ibadah umrah.

BACA JUGA:   Cara Mendaftar Haji Plus 2016: Panduan Lengkap

Selain itu, mustahil bagi seseorang untuk melaksanakan ibadah haji tanpa melakukan ibadah umrah terlebih dahulu. Hal ini karena ibadah haji hanya bisa dilakukan setelah orang tersebut telah melakukan ibadah umrah.

Perbedaan Kelima: Perjalanan dan Waktu

Perjalanan yang ditempuh untuk ibadah haji dan ibadah umrah juga berbeda. Untuk ibadah haji, orang harus melakukan perjalanan menuju Mekah, Madinah dan beberapa tempat lainnya. Namun untuk ibadah umrah, orang hanya perlu pergi ke Mekah saja.

Selain itu, waktu yang diperlukan untuk ibadah haji juga lebih lama daripada ibadah umrah. Ibadah haji biasanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk selesai. Sementara ibadah umrah biasanya membutuhkan waktu sekitar beberapa hari saja.

Kesimpulan

Dari beberapa perbedaan di atas, dapat disimpulkan bahwa ibadah haji dan ibadah umrah memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan-perbedaan tersebut meliputi waktu pelaksanaan, tujuan dan hukumnya, biaya dan ketersediaannya, proses dan mustahilnya, serta perjalanan dan waktu yang dibutuhkan. Meskipun demikian, kedua ibadah tersebut sama-sama memiliki keutamaan yang luar biasa di dalam agama Islam.