Skip to content
Home » Merindukan Rumah Allah: Mengenal Doa Pulang Haji Yang Penuh Makna

Merindukan Rumah Allah: Mengenal Doa Pulang Haji Yang Penuh Makna

Bagaimana doa pulang haji?

Bagaimana Doa Pulang Haji?

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Setelah melaksanakan ibadah haji, umat Muslim diwajibkan untuk melakukan doa pulang haji. Doa pulang haji memiliki makna yang sangat dalam dan khusus, karena mengandung harapan untuk menerima pahala sebesar-besarnya dari Allah SWT atas ibadah haji yang telah dilakukan.

Doa Pulang Haji Untuk Tamu yang Pertama

Doa pulang haji pertama yang dibaca saat haji adalah Qabballallahu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka. Artinya: “Semoga Allah menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti pengeluaranmu”. Doa ini dibaca ketika tamu haji, yaitu orang yang melakukan haji, sampai di Mekkah. Doa ini dibaca untuk mengharapkan pahala dari Allah SWT. Pada saat itu juga, tamu haji diharapkan untuk berdoa agar Allah SWT mempermudah jalannya hajinya dan melindungi dia dari berbagai macam hal yang mungkin terjadi.

Doa Pulang Haji Lainnya

Selain doa yang dibaca saat tamu haji pertama tiba di Mekkah, ada beberapa doa lain yang dapat dibaca saat pulang haji. Doa-doa ini tidak hanya dapat membantu tamu haji untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT, tetapi juga untuk meminta perlindungan dan berkah dari-Nya.

Doa Saat Mengambil Batu Pecah

Allahumma inni as’aluka min fadhlika wa rahmatika, wa barakatika, wa alaikas tawfeeq . Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kelebihan-Mu dan rahmat-Mu, berkah-Mu dan keberhasilan dari-Mu”. Doa ini dibaca ketika tamu haji mengambil batu pecah di Mina sebagai tanda bahwa ia telah mengakhiri ibadah hajinya.

BACA JUGA:   Daftar Haji Pindah Domisili

Doa Saat Berangkat Dari Mekkah

Doa yang dibaca saat tamu haji berangkat dari Mekkah adalah Allahumma inni as’aluka an taj’alal qur’aana raqeeban wa ‘alaa haajatii wa haajatihi wa haajatinaa ‘alaa kulli haajin. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan Al-Quran sebagai pegangan kami dan memenuhi semua kebutuhan kami”. Doa ini juga bertujuan untuk meminta perlindungan dan berkah dari Allah SWT, sehingga tamu haji dapat kembali dengan aman dan selamat.

Doa Saat Melihat Ka’bah

Doa yang biasa dibaca saat tamu haji melihat Ka’bah adalah Allahumma innaa nas’aluka bi haajatinaa wa li’l qurbaa wa l’yatamaa wa l’maalikinaa wa l’mustahilinaa wa l’miskiinaa wa l’muhsiniinaa. Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kebutuhan kami, keluarga kami, orang-orang yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang lemah, orang-orang yang tidak berdaya, dan orang-orang beriman”. Doa ini bertujuan untuk meminta pengampunan dan keberkahan dari Allah SWT, agar mereka dapat merasakan manfaat dari haji yang mereka lakukan.

Doa-doa Lainnya

Selain doa-doa di atas, ada banyak doa-doa lain yang dapat dibaca oleh tamu haji. Di antaranya adalah doa saat tawaf di Ka’bah, doa saat mengambil batu pecah, doa saat menyembelih korban, dan doa saat berangkat ke tempat berangkat. Semua doa-doa ini memiliki arti dan makna yang berbeda-beda, tetapi semuanya bertujuan untuk meminta pengampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Doa pulang haji adalah salah satu doa yang dibaca oleh tamu haji untuk meminta pengampunan dan keberkahan dari Allah SWT. Doa ini dibaca saat tamu haji tiba di Mekkah, saat mengambil batu pecah, saat melihat Ka’bah, saat tawaf, saat menyembelih korban, dan saat berangkat. Semua doa-doa ini memiliki makna yang berbeda-beda, tetapi bertujuan untuk meminta pengampunan dan keberkahan dari Allah SWT. Dengan membaca doa-doa ini, tamu haji diharapkan mampu menerima pahala sebesar-besarnya dari Allah SWT atas ibadah hajinya.

BACA JUGA:   Panduan Menuju Haji Mabrur: Petunjuk Lengkap Menuju Tanah Suci