Skip to content
Home » Niat dan Baca Doa Puasa untuk Haji

Niat dan Baca Doa Puasa untuk Haji

Puasa merupakan ibadah yang sangat diperhatikan dalam agama Islam. Meski begitu, ada beberapa jenis puasa yang memiliki hikmah dan keistimewaan tertentu. Salah satunya adalah puasa untuk para jemaah haji. Puasa ini tentunya memiliki syarat atau cara tersendiri untuk dilakukan. Nah, untuk menjelaskan tentang niat dan baca doa puasa untuk haji, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Syarat Puasa untuk Haji

Sebelum membicarakan tentang niat dan doa puasa untuk haji, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjalankan puasa ini. Di antara syarat-syarat tersebut adalah:

  1. Menjalankan puasa pada tanggal 8, 9, dan 10 Dzulhijjah untuk jemaah yang tidak melaksanakan haji, dan tanggal 9 Dzulhijjah saja untuk jemaah haji.

  2. Dimulai pada terbit fajar hingga terbenam matahari.

  3. Tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, berhubungan suami istri.

Dengan memahami syarat-syarat di atas, maka kita bisa melanjutkan pembahasan tentang niat dan doa puasa untuk haji.

Niat Puasa untuk Haji

Setiap ibadah tentunya harus dimulai dengan niat. Begitu pula dengan puasa untuk haji. Berikut niat puasa untuk haji yang bisa dibaca sebelum memulai puasa:

"Ushalli sunnatan dzuhuri fardu ‘aini lillahi ta’ala. Allahu akbar."

Artinya: "Aku berniat puasa untuk menunaikan ibadah haji pada hari ke-9 bulan Dzulhijjah."

Setelah membaca niat tersebut, kita bisa melanjutkan dengan membaca doa untuk menjalankan puasa.

Doa Puasa untuk Haji

Berikut adalah doa puasa untuk haji yang bisa dibaca:

"Allohuma inee nawaytu shoum gholbaka ala thariqi rasulikallaahi wa’ala millati khoiro umatihi wa asyhidulloha anna hawli hazal ayyami annal mahrami wa anna asyarou ilaa man yarouja’ouka feemaa yarouji’at tajallaa."

Artinya: "Ya Allah, aku berniat berpuasa untukmu karena dekatnya hari-hari haji, meneladani Rasul-Mu, dan mengikuti ajaran sebaik-baik umat-Mu. Saksikanlah bahwa aku sudah memulai puasa hari mahram ini, dan semoga menjadi orang yang mencari ridha-Mu."

BACA JUGA:   Doa Pelaksanaan Haji: Panduan Sebelum, Selama dan Sesudah Melaksanakan Ibadah Haji

Dengan membaca doa tersebut, maka kita sudah memulai puasa untuk haji dengan benar. Doa ini juga dapat membantu kita dalam menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk dan penuh keikhlasan.

Kesimpulan

Jadi, begitulah penjelasan tentang niat dan doa puasa untuk haji yang bisa dilakukan oleh jemaah yang melaksanakan puasa ini. Meski terlihat sederhana, namun puasa ini memiliki keutamaan tersendiri bagi para jemaah haji. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu para pembaca dalam menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar.