Skip to content
Home » Niat Ganti Puasa Ramadan Tahun Lalu

Niat Ganti Puasa Ramadan Tahun Lalu

Puasa Ramadan sudah berlalu, tapi ada sesuatu yang masih tertinggal. Ya, mungkin ada beberapa orang yang tidak bisa menjalankan puasa Ramadan secara penuh pada waktu itu karena beberapa halangan, seperti sakit atau sedang dalam keadaan travel. Namun, Islam memberikan solusi dengan cara menggantinya di waktu yang lain sebagai tanda keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Nah, bagi kamu yang belum melakukan niat ganti puasa Ramadan tahun lalu, yuk simak ulasan berikut!

Niat Ganti Puasa Ramadan Tahun Lalu

Pertama-tama, pastikan dahulu bahwa kamu memang belum melaksanakan ganti puasa Ramadan tahun lalu. Cek kembali kesehatanmu dan pastikan tidak ada alasan lain yang menghambatmu untuk berpuasa. Jika sudah yakin dan memenuhi syarat, maka kamu dapat meniatkan ganti puasa Ramadan dengan kalimat:

"Ushalli sunnatan Tathawwu‘ ‘aduwwa hapta tasbiya

Allahumma inni niyyatul ghôtslimin minasy syahri Ramadanal mazid syahrol maziid, faqobilniyaa faqihah"

Artinya:
"Saya berniat qadha puasa Ramadan tahun lalu, karena Allah SWT. Semoga Allah menerima niat dan amal baik saya."

Setelah mengucapkan niat, disarankan untuk melakukan puasa senin kamis terlebih dahulu sebagai rangkaian persiapan sebelum melakukan ganti puasa Ramadan. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan tubuh dan pikiran agar siap melakukan puasa ganti yang cukup berat.

Kenapa Harus Melakukan Ganti Puasa Ramadan?

Melakukan ganti puasa Ramadan adalah bagian dari kewajiban umat Islam. Menurut hadits, setiap orang harus menunaikan kewajiban puasa dengan baik dan wajib untuk menggantinya jika tidak bisa dilakukan pada waktu semestinya.

Ganti puasa Ramadan juga merupakan bentuk syukur kita kepada Allah SWT. Sebab, kita masih diberikan kesempatan untuk beribadah dan menunaikan kewajiban sebagai umat Muslim. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA:   Apakah Harus Diganti Apabila Tidak Puasa Ramadhan?

Kesimpulan

Nah, sudahkah kamu melakukan niat ganti puasa Ramadan tahun lalu? Jangan sampai terlewatkan karena tindakan kecil ini bisa memperkuat iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melaksanakan ganti puasa. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin.